Sabtu 25 Apr 2020 19:30 WIB

Mimika Tunggu Hasil Pemeriksaan 65 Swab dari Jayapura

Hingga Sabtu petang total kasus positif Covid-19 di Mimika 41 orang.

Petugas menyemprot disinfektan pada kendaraan roda empat di pos Covid-19, Arsopura, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (13/4). (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Indrayadi TH
Petugas menyemprot disinfektan pada kendaraan roda empat di pos Covid-19, Arsopura, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (13/4). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mimika hingga kini masih menunggu hasil pemeriksaan sebanyak 65 sampel swab menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) oleh pihak Laboratorium Balitbangkes Provinsi Papua di Jayapura. Berdasarkan data pada Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Mimika hingga Sabtu (25/4) petang pukul 18.00 WIT, tercatat jumlah kasus positif Covid-19 belum mengalami perubahan atau sama seperti pada Jumat (24/4), yaitu sebanyak 41 kasus.

Sebanyak 33 pasien positif Covid-19 di Mimika masih menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit yaitu RSUD Mimika sebanyak 13 pasien, Shelter Wisma Atlet sebanyak 11 pasien dan RS Tembagapura sebanyak sembilan pasien. Pada Sabtu siang, puluhan petugas yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mimika menjalani pemeriksaan cepat menggunakan rapid test bertempat di Kantor Dinas Perhubungan setempat.

Baca Juga

Para petugas yang menjalani pemeriksaan rapid test massal itu berasal dari Dinas Perhubungan Bidang Darat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan lainnya. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Mimika Reynold Ubra jajarannya telah melakukan pemeriksaan sampel darah menggunakan rapid test pada 146 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP) dan orang tanpa gejala (OTG).

Orang yang dinyatakan positif melalui pemeriksaan rapid test akan dirujuk lagi ke RSUD Mimika untuk pengambilan sampel swab guna pemeriksaan lebih lanjut menggunakan metode PCR oleh pihak Laboratorium Balitbangkes Provinsi Papua di Jayapura. Mulai Sabtu siang, katanya, empat Puskesmas dalam wilayah Kota Timika yaitu Puskesmas Kwamki, Puskesmas Timika Jaya, Puskesmas Pasar Sentral dan Puskesmas Wania beserta tim penyelidikan epidemologi melakukan pemeriksaan sampel darah menggunakan rapid test pada PDP, ODP dan OTG lainnya.

"Kami menargetkan sampai hari Minggu (26/4), sebanyak 950 orang sudah bisa kami ketahui hasil pemeriksaan rapid test-nya. Jika positif akan dirujuk lagi ke RSUD Mimika untuk pengambilan sampel swab untuk diperiksa PCR-nya, sementara jika hasilnya negatif maka akan diperiksa sekali lagi menggunakan rapid test 10 hari kemudian," jelas Reynold.

Adapun jumlah PDP di Mimika saat ini sebanyak 56 orang, dimana 29 orang, diantaranya menjalani isolasi di rumah sakit. Sementara jumlah ODP sebanyak 214 dan OTG sebanyak 453 orang.

TAKE

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement