Sabtu 25 Apr 2020 18:29 WIB

7 Fakta Qatar, Negara Muslim Terkaya di Dunia

Qatar, Negara Muslim Terkaya di Dunia dengan Pendapatan Perkapita Rp1,7 Miliar

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
7 Fakta Menarik Qatar, Negara Muslim Terkaya di Dunia dengan Pendapatan Perkapita Rp1,7 Miliar. (FOTO: Reuters/Fadi Al-Assaad)
7 Fakta Menarik Qatar, Negara Muslim Terkaya di Dunia dengan Pendapatan Perkapita Rp1,7 Miliar. (FOTO: Reuters/Fadi Al-Assaad)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Berlokasi di Timur Tengah, Qatar adalah negara muslim terkaya di dunia dengan penduduk sekitar 1.7 juta jiwa. Bahkan Qatar menduduki posisi nomor 1 dengan pendapatan perkapita 129.726 USD atau setara dengan Rp1,7 miliar. Data tersebut dimuat oleh World Bank pada akhir tahun 2017 lalu.

Gambaran kekayaan Qatar, terlihat dari berbagai lokasi dan bangunan megahnya yang fenomenal seperti The Pearl of Qatar, State Grand Mosque dan Museum Seni Islam. Berikut fakta lain tentang Qatar yang bisa bikin iri!

Baca Juga: Di Tengah Corona, Harta Orang Kedua Terkaya di Korsel Malah Melonjak Rp34 M!

1. Negara Teraman di Dunia

Dari segi geografi, Qatar merupakan negara teraman di dunia. Menurut para ilmuwan, resiko gempa bumi di Qatar hanya sebesar 0,1%. Kondisi alam yang relatif stabil membuatnya menjadi negara teraman di dunia.

2. Bahan Bakar Murah

Harga Bahan Balar Minyak di Qatar sangat murah. Bahkan harga dua cangkir kopi di Starbuck lebih mahal dari biaya yang dikeluarkan untuk mengisi penuh tangki mobilmu.

3. Dulu Penghasil Mutiara

Sebelum Qatar menemukan gas alam dan minyak, warga Qatar banyak yang memiliki mata pencaharian sebagai penyelam pencari mutiara. Kini, ada pulau buatan yang berbentuk seperti untaian mutiara yang disebut The Pearl. Pulau ini dibangun di atas lokasi yang dulunya merupakan tempat terkenal untuk mencari mutiara.

4. Mudah Cari Kerja

Di Qatar, cari kerja sangatlah mudah. Apalagi bagi orang-orang asli sana. Begitu ada mahasiswa lulus di sana, maka perusahaan akan mendatangi mereka. Bahkan satu orang bisa dapat lebih dari 5 perusahaan sekaligus.

5. Bebas Pajak Penghasilan

Di Qatar tidak ada yang namanya pajak penghasilan. Alhasil, benar-benar makmur para pekerja di sana. Alasan kenapa Qatar sendiri tidak menetapkan sistem pajak mungkin lantaran negara ini sudah begitu berkecupan.

6. Gaji Besar, Cuti Banyak

Gaji di Qatar sangatlah menggiurkan. Untuk tingkat pekerjaan yang ada di level bawah seperti ART, gajinya bahkan bisa sampai dua kali lipat dibanding negara lain.

Hal menggiurkan lainnya adalah tentang cuti. Staff biasa akan mendapatkan cuti hingga 24 hari. Itu pun belum termasuk libur-libur hari besar Idul Fitri dan Idul Adha. Bahkan saat Ramadan, para pekerja biasanya hanya akan bekerja setengah hari saja.

7. Mudah untuk Umroh dan Haji

Tinggal di Qatar akan mudah untuk umroh dan haji. Hal ini lantaran Arab Saudi dan Qatar dekat. Biaya dari Qatar ke Arab Saudi pun sangat terjangkau, termasuk biaya haji dan umrohnya. Bahkan bisa langsung berangkat di tahun pertama mendaftar.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement