Sabtu 25 Apr 2020 03:18 WIB

Starting XI Pemain Muslim di Liga-Liga Eropa

Republika memilih 11 pemain muslim dari sejumlah liga top Eropa dalam satu tim.

Foto: DOK REPUBLIKA
Starting XI Pemain Muslim di Liga-Liga Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, Pesepak bola muslim di Eropa bakal menjalani ibadah Ramadhan dengan lebih mudah kali ini. Sebab, liga-liga di Benua Biru dihentikan. Tidak ada pertandingan kompetisi domestik maupun Eropa, meskipun mereka tetap berlatih di tengah pandemi corona.

Republika memilih 11 pemain muslim dari sejumlah liga top Eropa dalam satu tim dengan formasi 4-3-3. Berikut mereka:

1. Kiper: Asmir Begovic (AC Milan)

2. Bek kanan: Achraf Hakimi (Borussia Dortmund)

 

Achraf Hakimi bermain untuk klub Borussia Dortmund pinjaman dari Real Madrid. Ia juga membela timnas Maroko dan baru berusia 21 tahun.

3. Bek tengah: Kalidou Koulibaly (Napoli)

Koulibaly merupakan tulang punggung Napoli di pertahanan. Pemain timnas Senegal ini menjadi incaran banyak tim kuat.

4. Bek tengah: Shkodran Mustafi (Arsenal)

Mustafi merupakan bek timnas Jerman yang berasal dari keluarga Albania. Pemain 28 tahun ini pernah memperkuat Valencia dan Sampdoria sebelum menjadi andalan Arsenal.

5. Bek kiri: Sead Kolasinac (Arsenal)

Kolasinac memperkuat timnas Jerman di berbagai kelompok umur, namun akhirnya membela timnas Bosnia Herzegovina di level senior. Ayahnya berasal dari Niksic, Montenegro, menikah dengan perempuan Bosnia, dan pindah ke Kalsruhe, Jerman.

6. Gelandang bertahan: N'Golo Kante (Chelsea)

Kante merupakan pilar lini tengah timnas Prancis yang berasal dari keluarga berdarah Mali. Ia dikenal sosok pemain kalem yang tetap berpuasa meskipun akan menjalani pertandingan. Ia meraih gelar juara Liga Inggris back to back bersama Leicester City dan Chelsea.

7. Gelandang serang: Paul Pogba (Manchester United)

Pogba lahir di Le Havre, Prancis, dari keluarga berdarah Guinea. Pogba menjadi andalan Prancis di lini tengah saat menjuarai Piala Dunia 2018.

8. Gelandang serang: Mesut Ozil (Arsenal)

Ozil menjadi sorotan setelah menolak pemotongan gaji di Arsenal. Di sisi lain, pemain Jerman keturunan Turki ini kerap mendonasikan uangnya untuk kegiatan amal, salah satunya memberi makan pengungsi Suriah.

9. Winger kanan: Hakim Ziyech (Ajax)

Ziyech terkenal saat ia tetap berpuasa, padahal tengah memperkuat Ajax pada leg kedua semifinal Liga Champions 2018/2019 melawan Tottenham Hotspur. Pemain timnas Maroko kelahiran Belanda ini akan membela Chelsea musim depan.

10. Winger kiri: Sadio Mane

Mane merupakan sosok dermawan asal Bambali, Sedhiou, Senegal. Ia kerap terlihat melaksanakan ibadah shalat di salah satu masjid di Liverpool.

11. Penyerang: Mohamed Salah

Salah merupakan idola anak-anak dan remaja di Mesir. Dengan gajinya yang besar, Salah kerap mendonasikan uangnya untuk membantu warga di daerah asalnya di Nagrig, Basyoun.

Pelatih: Zinedine Zidane

Zidane seorang muslim keturunan Aljazair. Walau mengaku bukan muslim yang taat, sejumlah pihak mengaku melihat Zidane kerap berdoa sebelum pertandingan.

 

sumber: wikipedia, berbagai sumber

pengolah: Israr Itah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement