Ahad 03 May 2020 05:54 WIB

Menilik Asal Usul Tahu Gejrot

Menilik Asal Usul Tahu Gejrot

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)
Menilik Asal Usul Tahu Gejrot
Menilik Asal Usul Tahu Gejrot

Pernah mencicipi tahu gejrot? Kuliner ini berasal dari Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Seperti namanya, tahu gejrot berbahan dasar tahu gembos, dipotong kecil-kecil lalu disiram dengan kuah berwarna cokelat dari gula merah.

Untuk menemukan penjual tahu gejrot di Cirebon tidak sulit, bahkan hampir di setiap pojok kota mudah ditemukan. Dahulu pedagang tahu gejrot memikul dagangannya, tetapi kini memakai gerobak dorong.

Popularitas tahu gejrot, tidak hanya di Cirebon saja tetapi sudah merambah ke daerah lainnya. Harganya yang murah menjadikan kuliner ini bisa dinikmati semua kalangan.

Budayawan Cirebon, Nurdin M Noer menerangkan kemunculan kuliner tahu gejrot tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan pabrik-pabrik tahu milik orang keturunan Tionghoa yang berada di Desa Jatiseeng. Di tengah situasi politik dan ekonomi yang tidak menentu pada waktu itu, banyak warga pribumi yang bekerja menjadi buruh di pabrik tahu.

Baca Juga: 6 Jajanan Paling Laris di Stasiun Kereta Pondok Cina, Depok

"Sebelum tahun 1950-an, keadaannya tidak stabil banyak warga sekitar kerja di pabrik untuk memenuhi kebutuhan," katanya seperti dikutip ayocirebon.com.

Setelah keadaan sudah membaik, banyak dari pemilik pabrik mulai mencari peruntungan baru dan meninggalkan usaha pembuatan tahu. Dalam kondisi itu, para buruh kemudian membuat usaha tahu sendiri.

"Karena sudah lama bekerja di pabrik tahu, para buruh memiliki keterampilan membuat tahu. Kemudian pada masa inilah, tahu gejrot semakin populer dan disukai banyak orang," jelasnya.

Nurdin menjelaskan, nama tahu gejrot muncul karena kebiasaan dari para penjualnya yang menaruh air gula merah dalam botol atau gendul. Pada proses penyajiannya, bahan-bahan pelengkap lainnya diulek pada piring gerabah, setelah halus lalu disiram air gula merah.

"Dari lubang botol dikucurkan air gula merah yang digejrotkan lalu menimbulkan bunyi jrot-jrot. Karena itulah kuliner tersebut dinamai tahu gejrot karena berbahan tahu dan air gula merah," katanya.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement