Jumat 24 Apr 2020 18:34 WIB

PDP Meninggal di Kapuas Positif Covid-19

Sebanyak 51 orang yang pernah kontak dengan pasien diuji rapid test.

Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA KAPUAS -- Satu pasien dalam pengawasan (PDP) warga Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah yang meninggal di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya beberapa waktu lalu dinyatakan positif Covid-19. Kesimpulan itu disampaikan setelah keluarnya hasil tes swab.

“Hari ini kami baru menerima kabar bahwa hasil swab dari PDP Kapuas laki-laki berusia 57 tahun yang meninggal beberapa waktu lalu positif Covid-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kapuas, Junaidi melalui konferensi video di Kuala Kapuas, Jumat.

Baca Juga

PDP meninggal yang terkonfirmasi positif tersebut merupakan pasien 04. Keluarga atau orang yang pernah kontak dengan 04 ini, sebanyak 51 orang termasuk tenaga kesehatan yang pernah menanganinya, juga sudah dilakukan tes cepat atau rapid test. Hasilnya semua negatif.

Sementara itu, Juru Bicara Dinas Kesehatan Kapuas dr Try Setya Utami menambahkan, informasi yang diterima terhadap hasil PDP Kapuas 04 tersebut yakni pada pagi hari, merupakan hasil VCR swab dan terkonfirmasi positif.

“PDP ini memang benar sempat dirawat di rumah sakit Kapuas selama tiga hari, kemudian dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya karena kondisinya memburuk, hingga kemudian pada akhirnya beliau meninggal dunia,” ungkap Try.

Kepada seluruh kontak erat dengan pasien tersebut, telah dilakukan pemeriksaan oleh surveilans, puskesmas dan juga Dinas Kesehatan setempat. Di antaranya yakni melalui rapid test dengan hasil semuanya negatif. “Informasi yang kami terima dari pihak keluarga, PDP 04 ini tidak ada melakukan perjalanan kemana pun. Jadi ini masih harus kami dalami,” kata Try.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement