Jumat 24 Apr 2020 16:54 WIB

Kemenpora Berencana Gelar Kejuaraan E-Sport Virtual

Kemenpora harus menunjukkan ke masyarakat dukungan terhadap social distancing.

Menpora Zainudin Amali
Foto: Republika/Prayogi
Menpora Zainudin Amali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali sepakat dengan rencana diadakannya turnamen Piala Menpora E-Sport 2020 secara virtual, Juli mendatang. Hal itu disampaikan Menpora usai melakukan konferensi video bersama Ketua Panitia Penyelenggaraan Piala Presiden E-Sports 2020, Giring Ganesha, di Kantor Kemenpora, Kamis (23/4).

Menurut Menpora, di tengah pandemi Covid-19, e-sport menjadi olahraga satu-satunya yang mungkin bisa dikerjakan saat ini. Menpora mengatakan, Kemenpora harus menunjukkan ke masyarakat dukungan terhadap social distancing.

Menurut dia, kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak sudah berhenti, baik yang profesional, amatir atau olahraga masyarakat yang dalam kategori olahraga rekreasi. Sehingga, e-sport menjadi alternatif. 

"Kami respek dan mengapresiasi pelaksanaan Piala Presiden E-Sport 2020 lalu yang oke banget. Dari pesertanya saja 177 ribu dari sebelumnya delapan ribuaan. Kami dari Kemenpora akan menyiapkan kelompok pelajarnya untuk E-Sport Piala Menpora tahun ini agar lebih selektif waktunya dan game-nya sebisa mungkin ditampilkan game-game lokal," ujar Menpora dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (24/4).

Menpora menyetujui konsep kompetisi yang ditawarkan Giring dan kawan-kawan. Ia mengajak panitia untuk terus mengadakan diskusi virtual dengan Kemenpora.

"Rencananya mungkin kami buka registrasi online setelah ujian nasional anak-anak sekolah antara tanggal 20-30 Juni 2020 dan tanggal 1-26 Juli. Kami akan menjalankan kualifikasi hingga babak finalnya pada 25 Juli untuk game mobile legends," ujar Giring.

"Nanti kita juga promosi social distancing, nantinya pemain/atlet akan bermain dari rumah masing-masing, host live di studio IESPL bersama cameramen saja, termasuk caster juga via online," tambah Giring.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement