Resep Sederhana Dalgona Matcha Bikin di Rumah

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Jumat 24 Apr 2020 14:47 WIB

Minuman dalgona matcha tawarkan tektur lembut whipped seperti dalgona coffee (Foto: ilustrasi bubuk matcha) Foto: Pixabay Minuman dalgona matcha tawarkan tektur lembut whipped seperti dalgona coffee (Foto: ilustrasi bubuk matcha)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah kopi kocok alias dalgona coffee viral di media sosial, kini muncul menu minuman baru, yakni kocok matcha atau whipped matcha. Minuman ini juga menawarkan tekstur lembut whipped karena memadukan minuman dengan kocokan putih telur. Atau bagi para vegan bisa menggunakan aquafaba (cairan buncis).

Bagi yang bukan penyuka kopi, menu ini bisa jadi pilihan. Matcha adalah teh hijau bubuk yang secara tradisional digunakan dalam upacara minum teh Jepang Tetapi, kini telah populer secara global selama beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

Jika pernah makan es matcha latte sebelumnya, maka rasa dalgona whipped matcha tidak akan jauh berbeda. Hanya saja whipped matcha akan terlihat seperti awan dalam cangkir. Minuman ini juga cocok sebagai pelepas dahaga saat puasa.

Berikut resep kocok matcha, seperti dilansir Prevention, Jumat (24/4).

Bahan:

1 sendok makan bubuk matcha

1 sendok makan gula pilihan

2 sendok makan air mendidih

1 kaleng aquafaba (buncis cair) atau 1 putih telur

1 cangkir susu atau susu alternatif

Cara membuatnya:

Kocok putih telur atau cairan buncis dalam mangkuk sampai hampir kaku. (Pastikan untuk mencapai fluffiness maksimal sebelum menambahkan campuran matcha)

Dalam mangkuk terpisah, kocok gula, dan air mendidih hingga tercampur rata.

Tambahkan campuran matcha dan aduk sampai tercampur.

Isi gelas sekitar ¾ penuh dengan es dan susu, ambil atau tuangkan matcha kocok di atasnya. Selamat menikmati!