Jumat 24 Apr 2020 11:07 WIB

9 Fakta Mualaf Aydin, Adik Selebgram Korea Ayana Moon

9 Fakta Perjalanan Mualaf Aydin, Adik Selebgram Korea Ayana Moon

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Aydin Moon: 9 Fakta Perjalanan Mualaf Aydin, Adik Selebgram Korea Ayana Moon
Aydin Moon: 9 Fakta Perjalanan Mualaf Aydin, Adik Selebgram Korea Ayana Moon

VIVA – Adik selebgram Korea Ayana Moon, Aydin atau yang juga bernama Seong Wook Moon, untuk pertama kalinya menjalani ibadah puasa sejak menjadi mualaf pada Mei 2019 lalu. Ayana dan Aydin mengunggah antusiasme mereka yang akan melewati Ramadhan bersama perdana.

Jika Ayana Moon sudah menuangkan perjalanannya menuju Islam lewat buku, bagaimana dengan Aydin? Berikut beberapa fakta perjalanan Aydin Moon menuju Islam yang ia dan Ayana unggah ke Instagram.

Ayana Moon Ajak Jadi Mualaf Sejak Aydin Kecil

Peran Ayana Moon dalam membawa Aydin menuju Islam memang sangat penting. Lewat sebuah postingan di Instagramnya pada Desember 2019 lalu, Aydin mengungkap bahwa sang kakak, Ayana, kerap mencoba mengajaknya masuk Islam sejak ia masih kecil. Namun saat itu, Aydin belum paham dan tak mendengarkan sang kakak.

"Ketika aku masih gemuk. Aku mau cerita. Sejak kecil, kakakku mencoba mengajakku masuk Islam tapi aku tidak mendengarkannya (maaf hehe). Ia pun mencari cara lainnya," ujar Aydin dalam postingan tersebut.

Sering Diajak ke Acara Islami

Ayana Moon mengubah pendekatannya pada Aydin. Ia pun mengajak sang adik ke berbagai acara tentang Islam dan budaya Arab. Sejak saat itu, Aydin lebih terbuka dan mencoba banyak hal baru, termasuk makanan halal. Ia pun akhirnya masuk Islam sekitar 5 tahun sejak kunjungannya ke sebuah festival budaya Arab pada 2015.

"Dia (Ayana) membawaku ke berbagai acara tentang Islam, budaya Islami/Arab, dan mempertemukanku dengan banyak orang. Aku juga mencoba banyak hal, seperti makanan halal. Kalian bisa bayangkan betapa ia bekerja keras. Lebih dari lima tahun yang ku butuhkan sampai aku benar-benar masuk Islam," tutur Aydin.

 Mengucap Syahadat di Seoul Central Mosque

Aydin Moon mengucap syahadat di Masjid Central Seoul yang merupakan pusat komunitas muslim di ibukota Korea Selatan tersebut. Ayana mengunggah momen mengharukan itu pada 13 Mei 2019.

"Ini adalah saat saat menjelang adikku mengucapkan syahadat," kata Ayana kala itu.

 

Membuat Ayana Terharu

Ketika pertama kali mengungkap keinginannya masuk Islam, Aydin membuat Ayana sangat terharu. Selebgram Korea itu tersentuh ketika Aydin mengutarakan niatnya.

"Aku sangat tersentuh, ketika adikku bilang, 'Kak, aku mau masuk Islam,' aku merasa seperti, 'Masya Allah, Allah mengabulkan doa-doaku.' Aku merasa sangat spesial. Ketika melihatnya mengucap syahadat, itu mengingatkanku pada masa lalu," ujar Ayana Moon dalam wawancaranya dengan media Malaysia.

Hubungan dengan Orangtua Lebih Mencair

Ayana Moon juga mengungkap, ketika Aydin memutuskan untuk masuk Islam, ia sangat bersyukur dan orangtuanya kini lebih menerimanya. Meski tak ada masalah, namun Ayana mengakui, masih terasa sulit bagi orangtuanya menerima keputusannya memeluk Islam.

"Hubunganku dengan orangtuaku baik-baik saja, tapi terkadang aku masih merasa mereka keberatan dengan keputusanku memakai hijab. Kami punya beberapa kesulitan, tapi ketika adikku bilang mau masuk Islam, aku merasa doaku terkabul," tambahnya.

 

Ingin Tinggal di Malaysia

Ayana Moon pun berkeinginan, usai lulus SMA, Aydin bisa tinggal di negara yang banyak penduduk muslim, seperti Malaysia. Ia ingin adiknya banyak belajar tentang Islam di negara lain, karena sulit melakukannya di Korea.

"Insya Allah aku ingin membawanya ke Malaysia agar dia belajar, karena di Korea tidak ada guru Islam dan tak ada komunitasnya. Susah sekali belajar tentang Islam dan berada di sana sebagai seorang muslim," katanya.

Setia Temani Kakak

Ayana Moon memang sibuk dengan pekerjaannya di Malaysia dan Indonesia. Aydin pun setia menemani sang kakak. Beberapa waktu lalu, Aydin ikut ke Jakarta untuk menemani aktivitas kakaknya yang sedang mempromosikan buku baru tentang perjalanan menuju Islam.

Belajar Islam dari Kakak

Ayana pun bukan sekadar kakak. Ia menjadi guru Aydin juga dalam belajar tentang Islam. Aydin pernah mengunggah foto usai salat berjamaah dengan Ayana. Selebgram Korea itu pun mengaku jadi banyak belajar lagi soal Islam agar bisa mengkaji bareng dengan adiknya.

Puasa Pertama

Di Ramadhan pertamanya, Ayana Moon membantu Aydin untuk mengisi waktu selama puasa. Lewat Instagram, Aydin mengungkap, sang kakak membuatkannya jadwal harian untuk belajar dan mengaji, serta tidur.

"Jadwalnya sederhana banget. Belajar, belajar, belajar Alquran. By: kakakku," tulis Aydin Moon di Insta Story-nya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement