Amalan di Bulan Ramadhan (4)

Rep: Heri Ruslan/ Red: Muhammad Hafil

 Jumat 24 Apr 2020 06:13 WIB

Amalan di Bulan Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Amalan di Bulan Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan

Ada beberapa amalan di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai umat Islam, dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan di bulan Ramadhan. Hal ini jelas karena banyak keutamaan melakukan amalan di bulan Ramadhan. Di antara amalan bulan Ramadhan yang bisa dilakukan yaitu:

Baca Juga

d. Menghidupkan malam-malam Lailatul Qadar

Lailatul qadar adalah malam kemuliaan yang lebih baik dari pada seribu bulan. Menurut pendapat paling kuat, malam kemuliaan itu terjadi di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, terlebih lagi pada malam-malam ganjil, yaitu malam 21, 23, 25, 27, dan 29.
“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS al-Qadar [97]: 3).

Malam itu adalah pelebur dosa-dosa di masa lalu, Rasulullah SAW bersabda: “Dan barangsiapa yang beribadah pada malam Lailatul qadar semata-mata karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR Bukhari).

Yang dimaksud dengan menghidupkan lailatul qadar adalah dengan memperbanyak sholat malam, membaca Alquran, dzikir, berdoa, membaca shalawat, tasbih, istighfar, i’tikaf, dan lainnya. Aisyah RA berkata, ‘Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, jika aku mendapatkan lailatul qadar, maka apa yang aku ucapkan? Beliau menjawab, ‘Bacalah: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Yang suka mengampuni, ampunilah aku.”

e. Memperbanyak sedekah

Rasulullah SAW adalah orang yang paling pemurah, dan Rasul SAW lebih pemurah lagi di bulan Ramadhan. Hal ini berdasarkan riwayat Ibnu Abbas RA, ia berkata: “Rasulullah SAW adalah manusia yang paling pemurah, dan beliau lebih pemurah lagi di bulan saat Jibril AS menemui beliau, …” (HR Bukhari).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X