Jumat 24 Apr 2020 04:51 WIB

UI Tembus Peringkat ke-47 Kampus Terbaik Dunia

Rektor mengatakan, UI semakin dikenal masyarakat global dan terbaik di Indonesia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
UI peringkat ke-47 tingkat dunia versi World University Impact Rankings.
Foto: Ist
UI peringkat ke-47 tingkat dunia versi World University Impact Rankings.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) raih peringkat ke-47 tingkat dunia versi World University Impact Rankings, sebagai kampus yang mampu memberikan dampak luas bagi sosial dan ekonomi bangsa melalui aktivitas penelitian, pengajaran, dan pengabdian masyarakat. Peringkat UI di posisi 47 dengan skor 88,5 sama dengan Universitas Aalto (Finlandia) dan Universitas Tasmania (Australia).

Rektor UI, Prof Ari Kuncoro mengatakan, peringkat tersebut merupakan pencapaian besar dan menunjukkan UI semakin dikenal masyarakat global serta tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.

Dia mengatakan, di tengah situasi rumit sebagai dampak dari wabah virus corona, UI tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan Covid-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat. Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat mampu membuat UI semakin melesat dan berdampak bagi negeri.

"Pemeringkatan ini dilakukan oleh Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi bergengsi Dunia Times Higher Education (THE) World University Impact Rankings 2020 yang melibatkan 766 universitas dari 85 negara di dunia," jelas Ari di Kota Depok, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/4).

Peringkat UI melesat jauh dari peringkat tahun lalu, dimana pada tahun 2019 UI berada di peringkat ke-80 dunia. THE merilis daftar World University Impact Rankings 2020 yang diumumkan pada Rabu (22/4) melalui laman https://www.timeshighereducation.com/rankings/impact/2020.

World University Impact Ranking merupakan satu-satunya pemeringkatan yang menilai kinerja universitas berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement