Pemerintah Saudi Luncurkan Kuliah Ramadhan Online

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 23 Apr 2020 22:52 WIB

Pemerintah Saudi Luncurkan Kuliah Ramadhan Online. Foto: Kuliah Online (ilustrasi) Pemerintah Saudi Luncurkan Kuliah Ramadhan Online. Foto: Kuliah Online (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi, Sheikh Abdullatif Al-Asheikh, mengumumkan sebuah program Ramadhan daring pada Rabu (22/4). Program tersebut diselenggarakan oleh kantor kementerian di wilayah Perbatasan Utara.

Program ini akan dimulai pada hari ketiga Ramadhan. Al-Sheikh mengatakan, program ini akan menawarkan serangkaian kuliah singkat dan pendidikan yang dibagikan di akun media sosial kementerian. Ceramah tersebut fokus pada topik termasuk etika dan aturan puasa, kebajikan bulan Ramadhan, dan pentingnya beribadah kepada Allah sepanjang bulan suci ini.

Baca Juga

"Kami meluncurkan program Ramadhan ini, di mana sekelompok pejabat terkemuka, syekh dan cendekiawan berpartisipasi, sebagai bagian dari peran kementerian dalam memberikan pengetahuan dan dakwah, peran umat Islam dalam beramal di bulan suci ini melalui perbuatan baik, dan untuk memenuhi arahan kepemimpinan Saudi," kata Al-Asheikh, dilansir di Arab News, Kamis (23/4).

Ia mengatakan, program ini hanyalah salah satu program yang diselenggarakan oleh kementerian selama bulan Ramadhan melalui cabang-cabangnya di wilayah Kerajaan. Menurutnya, program ini adalah bagian dari tugas dakwah kementerian dan menunjukkan keinginan pemerintah untuk mempromosikan nilai-nilai luhur dan ajaran Islam moderat.

Pada kesempatan itu, Al-Sheikh juga menyampaikan terima kasih kepada direktur jenderal dan staf dari cabang kementerian di Perbatasan Utara atas upaya mereka dalam menyelenggarakan program tersebut. Dia juga menyebutkan bahwa langkah ini adalah contoh integrasi antara pemerintah dan sektor swasta, yang juga sejalan dengan Visi Saudi 2030.

Pada hari pertama program Ramadhan ini digelar pada Ahad (26/4), kuliah yang ditayangkan akan disampaikan oleh Wakil Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan, Dr. Yusuf bin Mohammed bin Saeed, dengan mengangkat tema "Ramadhan dan Pemurnian Jiwa." Selain itu, sejumlah cendekiawan dan syekh juga akan berkontribusi pada seri kuliah tersebut. Mereka termasuk anggota Dewan Cendekiawan Senior dan Komite Tetap untuk Penelitian dan Fatwa Ilmiah, Dr. Abdulsalam Al-Suleiman, dan imam sekaligus khatib di Masjid Nabawi,  Sheikh Hussein Al-Asheikh.

Tidak hanya itu, program Ramadhan ini juga akan menggelar kompetisi, yang terbuka bagi peserta dari dalam dan luar Kerajaan. Kompetisi itu menawarkan hadiah senilai lebih dari 50.000 Riyal.