Kamis 23 Apr 2020 12:06 WIB

Google Meet Tambah Fitur Noise Cancelling

Google Meet juga melibatkan kecerdasan buatan agar tampilan video lebih baik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Meet
Foto: Google Meet
Google Meet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pekan lalu Google mengatakan akan memungkinkan kurang lebih 16 peserta terlihat dalam satu kotak layar seperti Zoom. Perusahaan tampaknya telah memulai peluncuran fitur tersebut dan memperkenalkan beberapa fitur yang membuat Google Meet lebih baik.

Seperti disebutkan sebelumnya, tata letak kotak baru di layar mendukung hingga 16 peserta sekaligus. Ini hanyalah jumlah orang yang dapat tampil di layar secara bersamaan. Sebelumnya, fitur ini hanya bisa menampilkan empat peserta.

Baca Juga

Google Meet memiliki kapasitas hingga 250 orang untuk pengguna G Suite Enterprise. Sementara pengguna G Suite Basic mendukung 100 orang dan G Suite for Business mendukung kapasitas hingga 150 orang.

Di samping grid video, Meet menambahkan beberapa pembaruan yang lebih bermanfaat. Seperti yang dilansir dari The Next Web, Kamis (23/4), pengguna dapat melakukan streaming satu tab Chrome daripada seluruh jendela atau layar.

Google mengatakan berbagi satu tab memberikan kualitas video yang lebih baik daripada dua lainnya.  Pengguna seluler sekarang juga akan mendapatkan video yang lebih baik dalam cahaya rendah berkat peningkatan AI.

Untuk pengguna desktop akan mendapatkan fitur ini di masa depan. Google mungkin harus bekerja pada peningkatan tambahan, karena sebagian besar webcam laptop lebih buruk daripada rata-rata kamera swafoto di ponsel. Terakhir, Google menerapkan noise cancelling yang dapat mengurangi suara sekitar bahkan suara ketikan, saat pengguna menggunakan Meet.

Meskipun Meet memiliki jalan panjang untuk mnegear popularitas Zoom yang melejit, Google memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) yang dapat memberikan keunggulan dalam minggu- minggu atau berbulan-bulan yang akan datang selama masa karantina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement