Kamis 23 Apr 2020 10:00 WIB

Edy Rahmayadi: TNI dan Polri Satu Tim Hadapi Covid-19

TNI dan Polri di Sumut jadi satu tim bersama dengan membagi masing-masing tupoksinya.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi.
Foto: Antara/Septianda Perdana
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan, dalam rangka Tactical Floor Game (TFG) Penanganan Covid-19, pemerintah bersama TNI dan Polri menjadi satu tim bersama dengan membagi masing-masing tupoksinya.

"Koordinasi Polri dan TNI adalah satu tim. Ketua Satgasnya Gubernur Sumut, Wakil I Pangdam I/BB, Wakil II Kapolda Sumut, dan Wakil III Kajati Sumut, " ujar Edydalam sambutannya pada acara simulasi TFG Operasi Aman Nusa II Toba 2020, dalam rangka Simpamkota penanganan Pandemi Covid-19, di Kota Medan, Rabu (22/4).

Edy mengatakan hal ini adalah pekerjaan satu tim. Saat ini Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin mengerjakan tugas sebagai polisi negara dengan berbagai kemungkinan implikasi-implikasi, dan kalau di TNI namanya ramalan pelibatan (rambat) .

"Jadi diskenariokan kemungkinan yang terjadi dampak Covid-19. Ini yang dilakukan latihan oleh Kapolda Sumut sebagai tugasnya dan bukan tugasnya," kata mantan panglima Kostrad itu.

Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin mengatakan, pelaksanaan simulasi TFG adalah pelatihan standarmenyatukan persepsi cara penanganan Covid-19 di wilayah Sumut yang melibatkan TNI, Polri, dan pemerintah daerah. "Kegiatan itu adalah kotak gambaran apa yang harus dilakukan masing-masing petugas," ujar Martuani.

Polri tidak bisa sendiri menangani ini, sambung dia, harus ada bantuan dari pihak TNI serta pemerintah dalam pelaksanaan Operasi Aman Nusa II. Seluruh pihak benar-benar bekerjasama dan membantu Polri dalam pelaksanaan Operasi Aman Nusa II dan turut menerapkan tugas yang harus dilakukan di saat Pandemi Covid-19.

"Ke depan tugas Polri, TNI dan pemerintah semakin banyak mulai dari mengurus kepulangan TKI dari luar negeri, pelaksanaan bulan Ramadhan dan Pilkada 2020," ujar Martuani.

Martuani menyebutkan Polda Sumut telah melakukan penanganan dan pencegahan mulai dari tingkat Polres dan Polsek di wilayah Sumut. Turut hadir pada acara tersebut Pangdam I/BB Mayjen MS Fadhilah, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama Abdul Rasyid K, Pangkosekhanudas III Medan Marsekal Pertama Jhon Amarul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement