Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Prabowo Minta Kader Siapkan Lumbung Pangan Sendiri, Ada Apa?

Kamis 23 Apr 2020 09:02 WIB

Red: Joko Sadewo

Prabowo menyampaikan pidato agar kader Partai Gerindra menyiapkan lumbung pangan sendiri.

Prabowo menyampaikan pidato agar kader Partai Gerindra menyiapkan lumbung pangan sendiri.

Foto: istimewa/tangkapan layar
Prabowo menyebut jika persediaan pangan tidak ada, kadernya tidak panik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengeluarkan video yang meminta kader-kader Gerindra mempersiapkan lumbung pangan masing-masing. Video tersebut tersebar di media sosial maupun Whatsapp.

Dalam video itu, awalnya Prabowo bicara soal kerukunan nasional, yang mendorongnya masuk ke kabinet. Pada bagian akhir video, Prabowo meminta kader Partai Gerindra untuk menyiapkan lumbung pangan sendiri dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami tanaman pangan.

Prabowo meminta kader Partai Gerindra untuk mengorganisasi mereka yang lemah, minimal kader dan keluarganya. "Buatlah tanaman-tanaman pangan yang berguna untuk kepentingan. Gunakan setiap lahan yang bisa digunakan. Tanamlah tanaman pangan untuk saudara sendiri. Supaya di saat yang susah, mungkin terdapat kekurangan persediaan (pangan), kalian tidak panik karena punya lumbung-lumbung sendiri,” kata Prabowo.

Menurut Prabowo, saatnya kader Partai Gerindra menggunakan organisasi, kelompok-kelompok, serta koperasi yang sudah dibentuk untuk menjamin ketersediaan pangan, minimal untuk keluarga sendiri dan kalau memungkinkan membantu masyarakat sekelilingnya. Prabowo menyebut perjuangan ideologi Partai Gerindra, yang menginginkan swasembada pangan, energi, dan obat terbukti benar. Prabowo meminta hal itu harus diwujudkan.

“Sekarang kita bagian dari pemerintah. Kita harus bahu-membahu bersama pemerintah dan partai-partai lain, bersama elemen masyarakat lain. Jangan cari titik-titik perbedaan. Kita cari titik-titik kebersamaan. Jangan mencari kekurangan dan kesalahan,” ungkap Prabowo dalam video yang berdurasi hampir 3 menit tersebut.

Prabowo mengatakan, dalam keadaan sulit, jangan berharap negara lain akan membantu. “Kita harus menggali kekuatan kita sendiri,” ungkapnya.

Pada pengujung pidatonya, Prabowo meminta kader Partai Gerindra percaya pada pimpinan negara maupun pimpinan partai. Ia juga menekankan kembali agar kader Partai Gerindra menyiapkan lumbung pangan masing-masing.

Berikut video lengkapnya

Sumber: Video viral di Whatsapp

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA