Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Bacakan Doa Rasulullah SAW Berikut Jika Anggota Tubuh Sakit

Kamis 23 Apr 2020 07:49 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Rasulullah SAW (ilustrasi)

Rasulullah SAW (ilustrasi)

Foto: republika
Rasulullah memberikan doa untuk anggota tubuh yang sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah merebaknya wabah virus corona jenis baru (Covid-19) di Indonesia, selain wajib waspada dan menjaga kesehatan, kita juga perlu menghaturkan doa agar terbebaskan dari bala penyakit. Berikut doa apabila tubuh merasa sakit. 

Baca Juga

Dalam kitab Ar Rahmah fi Atthib wa Al Hikmah disebutkan, Imam As-Suyuthi berkata bahwa ketika ada bagian tubuh yang sakit, bacalah doa sambil memegang bagian tubuh yang sakit. Bacalah basmalah sebanyak tiga kali. 

Setelah itu, bacalah doa sebagai berikut sebanyak tujuh kali: 

 أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Audzubillahi wa qudratihi min syarrima ajidu wa uhadiru (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari kejelekan sesuatu yang aku jumpai dan yang aku takuti).". Doa ini bersumber dari hadis shahih riwayat Imam Muslim. 

Lalu dilanjutkan membaca: 

لا شافى إلا أنت

"La Syafi Illa Anta, tiada Tuhan yang berhak menyembuhkan kecuali Enkau (Allah SWT),". Doa ini juga berasal dari hadis dan riwayat Imam Bukhari serta Imam Muslim.

Dalam kitab Fath Al Bari, Ibnu Hjar menjelaskan doa ini diberikan Rasulullah SAW ke Utsman bin Al Ash Ats Tsaqafi yang mengeluh perutnya sakit dan belum kunjung sembuh sejak dia memeluk Islam.  

Dengan data pasien positif Covid-19 yang terus bertambah dengan angka kematian yang semakin menanjak hingga saat ini, sudah sepatutnya kita berupaya dan berdoa bermawas diri dari segala penyakit. Semoga dengan membaca doa itu, kita selalu mengingat Allah dan makin dekat kepadaNya. 

Dan semoga, apa-apa yang kita haturkan dan inginkan dari doa yang ada, Allah kabulkan. Termasuk dapat dilindungi dari marabahaya,  pandemi Covid-19 saat harus keluar dari rumah atau menjalankan aktivitas di luar rumah yang sulit dihindari, serta kebugaran tubuh saat berpuasa. 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA