Kamis 23 Apr 2020 06:17 WIB

Pangdam Bukit Barisan Khawatir Penyebaran Covid-19 di Sumut

Dari 106 orang positif corona, sebanyak 70 orang berada di Medan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen MS Fadhilah.
Foto: Puspen TNI
Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen MS Fadhilah.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen MS Fadhilah mengatakan, saat ini penyebaran Covid-19 di Sumatra Utara (Sumut) bisa dikatakan cukup tinggi. Jumlah pasien positif corona terus meningkat setiap harinya.

"Data sampai 21 April 2020, pasien Covid-19 di Sumatra Utara mencapai 106 orang dan 70 orang di antaranya berada di Medan," ujar Fadhilah, dalam sambutannya pada 'Tactical Floor Game (TFG) Dalam Rangka Operasi Kontijensi Aman Nusa II Toba Penanganan Covid-19 Sumatera Utara', di Kota Medan, Rabu (23/4). "Hal tersebut tentunya cukup menghawatirkan, namun kita tidak boleh panik menghadapi situasi yang demikian," ucap mantan kepala Puspen TNI itu.

Fadhilah menyambut baik kegiatan TFG, guna mengantisipasi segala kemungkinan terburuk sebagai dampak dari penyebaran Covid-19 di Sumut.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan masing-masing perorangan maupun instansi memahami tugas pokok dan fungsi sesuai bidangnya, sebagaimana maksud dan tujuan TFG, yaitu menyamakan persepsi dan cara bertindak dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta dampak yang ditimbulkan. "Kodam I/BB beserta satuan jajarannya telah melakukan langkah-langkah antisipasi di antaranya sosialisasi bahaya Covid-19 dan pencegahannya, baik melalui media massa maupun media sosial," jelas Fadhilah.

Menurut Fadhilah, selain itu penyemprotan disinfektan di lingkungan perkantoran, di pasar-pasar tradisional, dan fasiltas umum di wilayah, serta pemberian masker kepada masyarakat. "Kemudian memperbanyak kegiatan olah raga, bersinergi dengan Kepolisian Indonesia mendirikan dapur lapangan dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat," kata mantan kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat tersebut..

Turut hadir pada acara tersebut Gubernur Sumut Letjen (Purn) Edy Rahmayadi, Kepala Polda Sumut Irjen Martuani Sormin, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlanal) I/Belawan Laksma Abdul Rasyid K, dan Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) III Medan Marsma Jhon Amarul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement