Rabu 22 Apr 2020 13:41 WIB

Sultra Inapkan Tenaga Medis Covid-19 di Hotel Bintang Lima

Setiap tenaga medis Covid-19 menempati satu kamar di hotel bintang lima

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Setiap tenaga medis Covid-19 menempati satu kamar di hotel bintang lima. Ilustrasi.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Setiap tenaga medis Covid-19 menempati satu kamar di hotel bintang lima. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menginapkan tenaga medis yang bertugas menangani pasien virus corona atau Covid-19 di Hotel Claro. Hotel tersebut merupakan hotel yang berkualifikasi bintang lima.

Plt Direktur RSUD Bahteramas Kendari, Hasmuddin, mengatakan tenaga medis yang bertugas khusus menangani pasien Covid-19 di ruang isolasi sebanyak 80 orang. "Personel RSUD Bahteramas yang menangani pasien Covid-19 adalah para dokter, perawat, radiolog, dan yang bertugas di laboratorium hingga jumlahnya 80 orang," kata Hasmuddin, Rabu (22/4).

Baca Juga

Pemerintah daerah menyiapkan 80 kamar atau satu kamar untuk satu orang tenaga medis sehingga mereka dapat beristirahat dengan nyaman. Personel tenaga medis yang bertugas di ruang isolasi khusus Covid-19 dibagi dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok diperkuat 20 tenaga medis perawat dan dokter.

Setiap kelompok menjalankan tugas selama satu pekan kemudian diganti kelompok berikutnya. Kelompok tenaga medis yang sudah bertugas satu pekan kemudian menjalani karantina dua pekan di hotel.

Tenaga medis harus dikarantina 14 hari karena termasuk terpapar setelah menangani pasien Covid-19. Mereka juga diharuskan menjalani rapid test setelah menjalankan tugas sepekan sebagai upaya deteksi dini.

"Tenaga medis yang sudah menjalani karantina 14 hari dan dinyatakan aman dapat bertemu keluarga," kata Hasmuddin yang juga dokter spesialis bedah ini.

Akomodasi hotel bintang lima bagi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 diberikan untuk memberi kenyamanan selaras dengan petunjuk gubernur. Selain itu, manajemen Hotel Claro menyiapkan makan tiga kali sehari serta kendaraan operasional antar jemput ke RSUD Bahteramas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement