Rabu 22 Apr 2020 12:30 WIB

UNICEF Bagikan 1 Juta Masker untuk Warga Kongo

Masker dari UNICEF dibagikan ke anak-anak dan masyarakat paling rentan di Kongo.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
UNICEF
Foto: Twitter
UNICEF

REPUBLIKA.CO.ID, KINSHASA — The United Nations Children’s Fund (UNICEF) telah memesan satu juta masker untuk dibagikan kepada anak-anak dan masyarakat paling rentan di Republik Demokratik Kongo. Bantuan itu diharapkan dapat meningkatkan pencegahan penyebaran Covid-19. 

Masker itu dipesan kepada asosiasi perempuan. “Inisiatif ini mencakup seluruh wilayah nasional dan tidak hanya akan menanggapi keputusan otoritas berwenang di beberapa provinsi di negara itu yang mewajibkan pemakaian masker, tapi juga akan berkontrobusi pada pemberdayaan perempuan dari latar belakang yang paling tidak beruntung,” kata perwakilan UNICEF di Republik Demokratik Kongo Edouard Beigbeder pada Selasa (21/4), dikutip Anadolu Agency.

Baca Juga

Dia mengungkapkan masker akan segera diberikan kepada warga. “Distribusi masker-masker itu akan dilakukan dari rumah ke rumah melalui anggota sel administratif,” ujar Beigbeder. 

UNICEF memesan masker yang dapat dipakai berulang. Kampanye penggunaan dan pemeliharaan yang tepat akan digiatkan. 

Beigbeder menyadari penggunaan masker saja memang belum cukup untuk mencegah infeksi atau penularan Covid-19. Ia tetap harus dikombinasikan dengan tindakan lain seperti mencuci tangan secara teratur dan menutup hidung serta mulut ketika bersin.

Sejauh ini Kongo memiliki 359 kasus Covid-19. Sebanyak 25 pasien positif meninggal dan 45 lainnya berhasil pulih setelah menjalani perawatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement