Mengenal Xhemile Susuri yang Berpuasa Rutin Selama 91 Tahun

Red: Erik Purnama Putra

 Rabu 22 Apr 2020 08:10 WIB

Perempuan tertua di Kosovo, Xhemile Susuri (110 tahun) terus berpuasa Ramadhan sejak berusia 18 tahun. Foto: gazetaeprizrenit.net Perempuan tertua di Kosovo, Xhemile Susuri (110 tahun) terus berpuasa Ramadhan sejak berusia 18 tahun.

Xhemile, perempuan tertua di Kosovo yang berpuasa Ramadhan sejak usia 18 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, PRIZEN -- Bulan Ramadhan diperkirakan akan jatuh pada 24 April 2020, baik masyarakat di Indonesia maupun Eropa tampaknya memulai puasa berbarengan. Ada cerita menarik tentang warga Muslim yang menjalankan puasa Ramadhan selama hampir seabad. Hal itu dilakukan oleh seorang nenek asal Prizren, Kosovo, Xhemile Susuri (110 tahun) yang mengaku terus berpuasa Ramadhan secara rutin sejak berusia 18 tahun. Berarti, Xhemile Susuri sudah menunaikan puasa Ramadhan selama 91 tahun, dan akan menjalani puasa Ramadhan tahun ke-92 kalinya.

Kisah tentang Xhemile Susuri kembali viral setelah akun Twitter, @TeamAlbanians menunggah video milik RadioEvropaLire tentang kisahnya yang menunaikan ibadah wajib yang menjadi Rukun Islam keempat tersebut. Saat kita mendekati #Ramadan, kami membagikan video ini Xhemile Susuri yang berusia 109 tahun dari Prizren yang telah berpuasa selama sekitar satu abad," ucap penjelasan yang mencantumkan wawancara Xhemile Susuri dengan bahasa Albania tersebut. Memang, warga Kosovo yang mayoritas Muslim banyak beretnis Albania.



Republika melakukan penelusuran, ternyata video tersebut dibuat pada 2019 saat ia berusia 109 tahun. Televizioni Prizrenit, stasiun televisi lokal Kosovo lewat akun Facebook resminya mengunggah wawancara dengan Xhemile Susuri pada 18 Mei 2019. Dalam penjelasannya, Xhemile Susuri sekarang bersama putranya, keponakan, dan cicitnya di Desa Zhur yang berlokasi di Distrik Prizren, Kosovo.

"Dia sejak usia 18 tahun mulai puasa Ramadhan, dan tidak ada yang bisa menghentikannya sejak hari itu," begitu penjelasan resmi akun Televizioni Prizrenit. Wawancara tersebut pun diberi judul 'Yang Berumur 109 Tahun dari Zhur yang Sudah Hampir Satu Abad Berpuasa'.

Dikutip dari Gazetaeprizrenit.net, Xhemile Susuri yang diwawancara pada 10 November 2019, menjelaskan kalau ia merupakan perempuan tertua di Kosovo, yang sehari-hari tinggal di Prizren. Xhemile Susuri berstatus ibu dari 10 anak dan sekarang memiliki lebih dari 100 cucu. Memasuki awal abad kedua dalam hidupnya, ia sehari-hari hanya makan roti jagung, yogurt, dan susu.

Warganet pemilik akun Twitter, @LirimKap pernah mengunggah cuplikan wawancara Xhemile Susuri yang tetap berpuasa dan antusias menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. "Harus membawa ini kembali karena (video) tersebut benar-benar menghangatkan hatiku. Xhemile Susuri, seorang wanita Albania berusia 109 tahun dari Kosovo, masih berpuasa selama bulan Ramadhan. Dia mengatakan bagaimana kita harus bahagia untuk merayakan bulan suci, karena itu adalah berkah dari Tuhan. Semoga Allah SWT melindungi dan menjaganya," ucap status yang dibuat pada Maret 10 2020.

Merunut sejarah, Xhemile Susuri yang kelahiran 1890, beretnis Albania dan tinggal di Kosovo, menandakan lahir pada era Kekhalifahan Utsamaniyah atau Ottoman Empire. Kala itu, kekuasaan Kekhalifahan Utsamaniyah yang dipimpin Sultan Abdul Hamid II masih mencapai wilayah Balkan, termasuk Albania dan Kosovo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X