Rabu 22 Apr 2020 06:55 WIB

SMK Telkom Sidoarjo Laksanakan Upacara Bendera Online

Upacara online dilakukan agar anak-anak tak bosan dengan rutinitas pembelajaran

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda
SMK Telkom Sidoarjo gelar upacara bendera online yabg dinamakan Monday Slay.
Foto: Instagram SMK Telkom Sidoarjo
SMK Telkom Sidoarjo gelar upacara bendera online yabg dinamakan Monday Slay.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- SMK Telkom Sidoarjo menggelar upacara bendera online melalui media soasial Instagram, yang diberi nama Monday Slay. Seperti diketahui, di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, sekolah-sekolah menghentikan kegiatan di sekolah, dan menggantinya dengan belajar di rumah. Artinya, kegiatan lain seperti upacara bendera dan kegiatan ekstra kulikuler, turut terhenti.

Kepala SMK Telkom Sidoarjo Rahmat mengatakan, upacara bendera yang digelar secara live lewat media sosial Instagram ini dimaksudkan agar siswa tidak merasa bosan belajar di rumah. Tahapan yang dilakukan dalam upacara bendera online memang beda dengan upacara bendera sebagaimana mestinya. Dimana hanya diisi dengan pemutaran lagu Indonesia Raya, protokol, dan amanat pembina upacara

Baca Juga

Monday Slay ini hadir untuk memberikan feels seperti upacara (namun secara) online, agar anak-anak tidak bosan dengan rutinitas pembelajaran dan terus mengingat nilai-nilai SKOMDA,” kata Rahmat melalui siaran persnya, Selasa (21/4).

Rahmat yang juga bertindak sebagai pembina upacara mengatakan, pembelajaran daring bukan hal baru bagi SMK yang fokus mencetak talenta digital ini. Karena SMK Telkom Sidoarjo diakuinya sudah terbiasa menerapakan proses belajar mengajar menggunakan aplikasi pembelajaran.

Maka dari itu, agar anak-anak tidak bosan, butuh motivasi. Motivasi itu diberikan pada saat pembina upacara memberikan sambutan. “Anak-anak di rumah tidak sekadar butuh pembelajaran, tetapi juga butuh seseorang yang bisa memotivasi mereka,” kata Rahmat.

Upacara bendera online ini mendapat respons positif dari para siswa. Salah satunya, Dheva Ibra. Siswa asal Malang ini mengaku, upacara bendera online yang digelar mampu mengobari rasa rindunya akan upacara bendera yang rutin digelar setiap Senin.

"Monday Slay berhasil mengobati rindu saya akan upacara bendera. Pada awal pembukaan ada pemutaran lagu Indonesia Raya, kemudian ada protokol, dan juga ada amanat pembina upacara yaitu Pak Rahmat yang memberikan motivasi untuk belajar lebih baik lagi," kata dia.

 

Monday Slay yang digelar diikuti guru, karyawan, seluruh peserta didik SMK Telkom Sidoarjo, hingga wali murid. Monday Slay yang digelar memang terbuka untuk umum. Upacara bendera online SMK Telkom Sidoarjo akan digelar setiap Senin, tepatnya pukul 07.00 WIB hingga 08.00 WIB, selama masa belajar di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement