Selasa 21 Apr 2020 23:39 WIB

UEFA Rekomendasikan Liga Domestik Dilanjutkan

Sepak bola terhenti oleh wabah corona.

UEFA
Foto: eufa
UEFA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- UEFA memberikan rekomendasi kuat kepada federasi-federasi sepak bola di Eropa untuk berusaha menyelesaikan musim ini pada saat pertandingan bisa dilanjutkan lagi setelah terhenti akibat pandemi Covid-19. Kejuaraan sepak bola, baik liga domestik maupun kompetisi antarklub Eropa, terhenti oleh wabah. Adapun Piala Eropa 2020 ditunda hingga tahun depan.

UEFA, induk organisasi sepak bola Eropa, menegaskan organisasi tersebut menginginkan anggotanya menyelesaikan musim kompetisi domestiknya daripada meninggalkannya. UEFA juga berharap menyelesaikan kompetisi Liga Champions dan Liga Europa.

Baca Juga

Seluruh 55 asosiasi anggota ambil bagian dalam rapat virtual dengan pejabat UEFA pada Selasa (21/4). Untuk sementara, tidak ada keputusan mengenai rencana ke depan hingga pertemuan Komite Eksekutif, Kamis (23/4). Tidak ada tanda-tanda perubahan dari kebijakan yang bertujuan menyelesaikan musim ini.

Namun, ada pelunakan nada atas kasus-kasus yang akhirnya mungkin musim liga dibatalkan, yang sebelumnya ditentang. "Ada rekomendasi kuat untuk menyelesaikan liga-liga tingkat tertinggi dan kompetisi piala, tapi dipahami mungkin ada beberapa kasus khusus," demikian tulis pernyataan laman resmi UEFA, dikutip Reuters.

"Atas pertimbangan tersebut, UEFA saat ini merancang panduan terkait skenario keikutsertaan di kompetisi tingkat Eropa, untuk mengakomodasi sejumlah anggota yang memutuskan untuk menghentikan liga atau piala domestiknya," tulis pernyataan yang sama.

UEFA menyatakan perkembangan lebih terperinci mengenai skenario-skenario tersebut akan diumumkan setelah Rapat Eksekutif UEFA yang bakal dilangsungkan secara virtual pada Kamis (23/4).

Sebelumnya, menanggapi langkah Belgia menyudahi kejuaraan mereka, UEFA mengatakan bahwa memperpendek musim seharusnya benar-benar menjadi pilihan terakhir setelah mengakui bahwa tidak ada alternatif kalender yang memungkinkan untuk menyelesaikan kompetisi.

Ada sepakulasi bahwa UEFA tampaknya akan menggelar final Liga Champions dan Liga Europa pada pekan terakhir Agustus. Namun pada Selasa, mereka mengatakan hanya berbagai pilihan kalender disajikan untuk pertandingan kompetisi tim nasional dan klub.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement