Tujuh Tips Membumikan Alquran di Rumah Saat Ramadhan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 22 Apr 2020 05:17 WIB

Tujuh Tips Mengakrabkan Alquran di Rumah Saat Ramadhan. Foto: Mgrol100 Tujuh Tips Mengakrabkan Alquran di Rumah Saat Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi corona (Covid-19) belum mereda. Imbasnya, terjadi perubahan besar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari yang kini hanya bisa dilakukan di rumah, termasuk dalam beribadah.

Namun, demikian di balik itu semua, umat Muslim dapat memanfaatkan momentum beraktivitas di rumah dengan membumikan kembali Alquran, terutama saat Ramadhan telah tiba.

Baca Juga

Menyambut Ramadhan, umat Muslim tidak diperkenankan bersedih hati. Pandemi Covid-19 ini adalah tantangan untuk tumbuh dalam ketulusan dan kedekatan kepada Allah. Persiapan menghadapi Ramadhan di saat pandemi harus dimulai dengan niat baru dan perubahan pola pikir.

Sebab Ramadhan adalah bulannya Alquran, sudah selayaknya bagi umat Muslim membumikannya. Dilansir di About Islam, Selasa (21/4), berikut terdapat tujuh tips yang dapat dilakukan umat Muslim untuk kembali membumikan Alquran.

Teguhkan niat mengkhatamkan Alquran selama Ramadhan

Meski ini adalah niat yang mulia, namun tantangan serta realisasinya tidaklah mudah. Misalnya, saat seseorang terlalu lelah maka akan sulit baginya membaca Alquran selepas kerja.

Namun demikian, jika terus memberikan ruang beralasan bagi tubuh kita, hal itu tidak akan dapat terlaksana. Maka, teguhkanlah hati untuk mengkhatamkannya. Sebab jika dianalogikan, kita dapat memikirkan seribu alasan untuk telat sampai kantor namun nyatanya bisa dipastikan kebanyakan dari kita dapat datang di waktu normal.

Bentuk komunitas membaca Alquran secara virtual

Sebelum masa pembatasan sosial dimulai sejak pandemi Covid-19, tradisi ini ternyata pernah dilakukan sejak beberapa tahun lalu oleh sejumlah orang dan komunitas.

Hafalkan beberapa (atau semua) ayat yang telah dilupakan

Sayangnya, banyak dari kita yang bersalah atas hal ini karena kurangnya disiplin (atau tidak adanya dorongan sejak dini). Pentingnya menghafal Alquran telah diingatkan dalam Alquran. Sebagaimana Allah berfirman dalam Surah Al-Qomar ayat 17 yang artinya: "Dan Kami tentu saja membuat Alquran mudah untuk diingat, jadi adakah yang akan mengingatnya?"

Jadi jika kita menginginkan dengan menghafal Alquran Allah mengangkat derajat kita di hari pengadilan, maka mintalah kepada Allah untuk memberikan kita taufik dan memilih beberapa juz untuk dihafal.

Gunakan kalender untuk membantu melacak hafalan yang telah dilalui. Dan jangan lupa, ulang-ulang kembali bersama dengan tilawah favorit yang enak didengar.