Selasa 21 Apr 2020 19:40 WIB

Bagikan APD, UAS: 15 Menit Saja Saya Sudah Berkeringat

UAS turut mendoakan tenaga medis yang bekerja di RS rujukan.

Rep: Mabruroh/Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ustadz Abdul Somad bagikan alat pelindung diri (APD) dan sarung tangan dari Barisan Bangun Negeri (BBN) Bandung ke 8 rumah sakit rujukan Covid-19 di Pekanbaru, Riau, Selasa (21/4).
Foto: Istimewa
Ustadz Abdul Somad bagikan alat pelindung diri (APD) dan sarung tangan dari Barisan Bangun Negeri (BBN) Bandung ke 8 rumah sakit rujukan Covid-19 di Pekanbaru, Riau, Selasa (21/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustadz Abdul Somad atau dikenal akrab dengan panggilan UAS membagikan 400 alat pelindung diri (APD) kepada delapan rumah sakit rujukan di Pekanbaru, Provinsi Riau. Bantuan tersebut diberikan kepada tim medis sebagai bentuk kepedulian dalam penanganan wabah Covid-19.

Delapan rumah sakit tersebut, RS Syafira Pekanbaru mendapatkan 30 APD dan 100 sarung tangan, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau 100 APD dan 400 sarung tangan, RSUD Petala Bumi Provinsi Riau 50 APD dan 300 sarung tangan, RS Awal Bross Jalan Jendral Ahmad Yani, 70 APD 300 dan sarung tangan, RS Ibnu Sina Pekanbaru 30 APD 300 sarung tangan. Kemudian RS Prima Pekanbaru 35 APD dan 100 sarung tangan, RS Aulia Pekanbaru 35 APD dan 100 sarung tangan, terakhir RSUD Madani Kota Pekanbaru 50 APD dan 400 sarung tangan.

Baca Juga

Dalam penyerahan APD tersebut, UAS menyampaikan rasa simpatinya kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan perawatan pasien PDP dan pasien Positif Covid-19.

"Saya baru 15 menit memakai sarung tangan medis, sudah berkeringat, gerah, tidak nyaman. Saya tidak terbayang betapa tidak nyamannya para nakes yang langsung merawat pasien dan harus memakai APD lengkap selama jam dinas. Belum lagi kekhawatiran keluarga di rumah," kata UAS, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (21/4).

Tim Gugus Tugas RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau menyatakan sangat berterima kasih kepada Barisan Bangun Negeri (BBN) yang memberikan bantuan melalui ustadz Abdul Somad dan tim. "Alhamdulillah Semoga bantuan ini bermanfaat bagi kami yang sedang berjuang menghadapi covid-19, dan kita semua diberikan kesehatan dan lindungan Allah SWT. Semoga UAS tetap dan terus menjadi Suluh bagi umat," ujar tim Gugus Tugas RSUD Arifin Achmad.

Tim Gugus Tugas penanganan covid-19 bersama para tenaga kesehatan (nakes) yang ditemui UAS di rumah sakit-rumah sakit rujukan sangat terharu menyambut kedatangan UAS dan tim. Misalnya, nakes di Rumah Sakit Petala Bumi yang teriak isteris ketika UAS keluar mobil. "Ustadz . . . Ustadz . . . terima kasih, Ustadz," kata mereka berteriak dari lobby Rumah Sakit.

Selain pembagian APD, UAS juga turut mendoakan para tenaga kesehatan dan seluruh barisan yang berada di garda terdepan dalam memerangi Covid-19  agar terus diberikan kesehatan dan kekuatan. "Semoga nakes diberi kekuatan oleh Allah dan diberi kemudahan serta para pasien diberi kesehatan serta berharap wabah ini segera berlalu," ucap UAS.

Kegiatan pembagian APD tersebut, selesai dilaksanakan dalam setengah hari. UAS juga menyampaikan terima kasih kepada tim BBN Bandung yang telah mengamanahkan pendistribusian APD dan sarung tangan di Pekanbaru. UAS juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim Dompet Dhuafa Riau yang telah menyediakan data dan menghubungkan dengan seluruh rumah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement