Rabu 22 Apr 2020 05:54 WIB

Cara Menikmati Hari Bumi Saat di Rumah Saja

Hari bumi pertama diperingati paa 22 April 1970.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Menanam pohon (ilustrasi)
Foto: Adaro
Menanam pohon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Banyak orang di seluruh dunia yang saat ini hanya bisa berada di rumah masing-masing. Meski tidak bisa melakukan perjalanan wisata atau menikmati pemandangan alam yang indah, Anda masi bisa merayakan Hari Bumi ke-50 dengan berbagai cara.

Mulai dari NASA atau Badan Antariksa Amerika Serikat (AS), hingga Museum Sejarah Alam Amerika (AMNH) di New York, serta sejumlah organisasi menawarkam aktivitas daring yang akan mengajarkan tentang Bumi. Dari sana, semua orang juga bisa lebih mengetahui betapa pentingnya melindungi hewan, tanaman, dan ruang terbuka di alam.

Dilansir Space, NASA telah meggabungkan sejumlah sumber daya pendidikan ke dalam perangkat peringatan hari Bumi. Ini dirancang untuk menyampaikan pesan tentang konservasi kepada semua orang di dunia, khususnya para generasi muda. Badan antariksa itu juga telah meluncurkan kampanye #EarthDayAtHome untuk membantu masyarakat merayakannya.

“50 tahun lalu, orang-orang di seluruh dunia merayakan Hari Bumi pertama pada 22 April 1970. Penyelenggara memilih tanggal dan merencanakan kegiatan khusus untuk melibatkan kaum muda dalam gerakan peningkatan kesadaran lingkungan," ujar NASA dalam sebuah pernyataan.

Menurut pernyataan itu, dalam perencanaan Hari Bumi 2020, NASA menjangkau generasi muda mengumpulkan berbagai sumber daya ke dalam Earth Day Toolkit. Semua sumber daya gratis dan tersedia untuk para guru dan siswa, orang tua, pemimpin masyarakat, museum, dan siapapun untuk digunakan dan tentunya dinikmati.

Selain itu, NASA juga menyelenggarakan edisi khusus Hari Bumi "NASA Science Live" pada Rabu (22/4) pukul 15.00 waktu AS. Webcast akan menampilkan kepala agensi Jim Bridenstine, yang akan berbicara tentang bagaimana teknologi NASA membantu para ilmuwan mempelajari tentang Bumi dan banyak sistem yang saling berhubungan.

Sementara itu, AMNH juga akan menayangkan Earthfest sepanjang Rabu (22/4) besok. Salah satu acara yang ditayangkan langsung disiarkan pada pukul 18.00 waktu AS yang diselenggarakan oleh ahli geologi planet AMNH Martha Gilmore, akan membandingkan planet manusia dengan tetangga kosmiknya, menempatkan Bumi dalam konteks yang lebih luas dan mengubah perspektif kita.

"Naik pesawat terbang langsung untuk mengungkap misteri Venus, kembaran bumi dan sifat dinamis dari planet tetangga kita. Apa yang bisa diajarkan Venus dan Mars tentang perubahan iklim dan kondisi unik yang mendukung kehidupan di Bumi?” ujar AMNH dalam sebuah pernyataan.

Selama Hari Bumi 2020, dipastikan akan banyak acara lainnya yang disiarkan secara daring. Anda hanya perlu mengetik kata kunci Earth Day Network di laman internet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement