Selasa 21 Apr 2020 08:46 WIB

AP I Perpanjang Masa Penyesuaian Operasional Bandara

AP I mengevaluasi secara berkala penyesuaian operasional bandara.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Penumpang memasuki bilik disinfektan yang terpasang di pintu keberangkatan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (27/3/2020). PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memperpanjang masa oerasional di 15 bandara yang dikelolanya.
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Penumpang memasuki bilik disinfektan yang terpasang di pintu keberangkatan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (27/3/2020). PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memperpanjang masa oerasional di 15 bandara yang dikelolanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memperpanjang masa oerasional di 15 bandara yang dikelolanya. Direktur Utama AP I Fiak Fahmi mengatakan akan terus mengevaluasi secara berkala penyesuaian operasional bandara berdasarkan perkembangan pandemi Covid-19 yang saat ini jumlah warga yang teridentifikasi positif sudah mencapai sekitar enam ribu penderita. 

"AP I memperpanjang masa penyesuaian operasional di beberapa bandara hingga Mei sampai Juli," kata Faik, Senin (20/4). 

Baca Juga

Faik memastikan perpanjangan tersebut dilakukan untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu juga sebagai upaya corrective action dalam menghadapi penurunan trafik penumpang pesawat yang sangat drastis.

"Tidak menutup kemungkinan masa penyesuaian ini diperpanjang kembali memang situasi pandemi masih belum menunjukkan indikasi ke arah perbaikan," ujar Faik. 

Penyesuaian operasional Bandara Juanda Surabaya menjadi 18 jam sejak pukul 05.00 WIB hingga 23.00 WIB dari sebelumnya 24 jam. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu pemindahan operasional penerbangan domestik di terminal dua ke terminal satu, penutupan operasi sebagian terminal dua, dan pengurangan fasilitas operasional seperti x-ray, bilik toilet, AC, serta lampu penerangan yang tidak terpakai. Penyesuaian operasional di Bandata Juanda untuk sementara berlaku hingga 16 Juni 2020.

Lalu penyesuaian di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi 19 jam sejak pukul 07.00 WITA hingga 02.00 WITA dari sebelumnya beroperasi 24 jam. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu menutup sementara gate terminal Internasional 1B, 1C, dan gate lima hingga sembilan, dan pintu masuk sebelah barat. Penyesuaian operasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk sementara berlaku hingga 8 Mei 2020.

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tetap beroperasi 24 jam dengan penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu penutupan sementara boarding gate area lima dan enam. Selain itu juga pengurangan fasilitas operasional seperti x-ray, bilik toilet, AC, dan lampu penerangan yang tidak terpakai. 

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan penyesuaiannya menjadi 12 jam mulai pukul 06.00 WITA sampai 18.00 WITA dari sebelumnya 17 jam. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu menutup check-in area dan baggage claim timur, boarding gate area satu hingha empat, dan pengurangan fasilitas operasional seperti x-ray dan lainnya. Penyesuaian operasional di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk sementara berlaku hingga 29 Mei 2020. 

Bandara Adisutjipto Yogyakarta tetap beroperasi 13 jam  pukul 05.00 WIb hinggagga 18.00 WIB. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu penutupan area keberangkatan Terminal A domestik dan operasional Terminal B Internasional untuk kedatangan dan keberangkatan. Penyesuaian operasional di Bandara Adisutjipto untuk sementara berlaku hingga 20 Mei 2020. 

Bandara Internasional Yogyakarta menjadi 15 jam pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB dari sebelumnya 24 jam. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu penutupan sementara operasional di terminal internasional dan pengurangan operasional di satu check-in area. Penyesuaian operasional di Bandara Internasional Yogyakarta untuk sementara berlaku hingga 12 Juni 2020.

Bandara Adi Soemarmo Solo menjadi 14 jam mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB dari sebelumnya 18 jam. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu penutupan sementara operasional terminal internasional dan penutupan sementara stasiun kereta bandara lantai 1, 2, dan 3. Penyesuaian operasional di Bandara Adi Soemarmo Solo untuk sementara berlaku hingga 29 Mei 2020. 

Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang menjadi 16 jam pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB dari sebelumnya 18 jam. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu penutupan sementara operasional terminal internasional, pembatasan area kegiatan operasional di terminal penumpang, penutupan sementara gedung parkir kendaraan area lantai 2 dan 3. Penyesuaian operasional di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang untuk sementara berlaku hingga 30 April 2020.

Bandara Lombok Praya menjadi 15 jam pukul 06.00 WITA hingga 21.00 WITA dari sebelumnya 24 jam. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu penutupan sementara operasional terminal internasional untuk sementara berlaku hingga 17 Mei 2020. 

Bandara El Tari Kupang tetap beroperasi 16,5 jam mulai pukul 06.00 WITA hingga 22.30 WITA. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu penutupan sementara operasional kedatangan internasional, pengurangan fasilitas pendukung operasional seperti x-ray, penerangan dan AC, dan penutupan sementara area parkir baru.

Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menjadi 12 jam mulai pukul 06.00 WITA hingga 18.00 WITA dari sebelumnya 17 jam.  Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu pengurangan operasional boarding gate dari lima area menjadi tiga area, pengurangan operasional boarding room dari lima zona menjadi tiga zona, pengurangan fasilitas operasional seperti mushola, nursery room, toilet, konter layanan pelanggan, dan lainnya untuk sementara berlaku hingga 30 April 2020.

Bandara Sam Ratulangi Manado menjadi 14 jam mulai pukul 06.00 WITA smpai 20 WITA dari sebelumnya 24 jam. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu penutupan sementara operasional terminal internasional dan penutupan area gate satu sampai tiga terminal penumpang lantai dua untuk sementara berlaku hingga 29 Mei 2020.

Bandara Pattimura Ambon menjadi 14 jam mulai pukul 06.00 WIT dari sebelumnya 17 jam Pemyesuaian operasional yang dilakukan yaitu penutupan sementara operasional gate 4, pengurangan operasional satu aviobridge, dua bilik toilet, satu internet corner, satu televisi hiburan, 10 AC split, dan 66 lampu penerangan yang dilakukan untuk sementara berlaku hingga 3 Juli 2020. 

Bandara Frans Kaisiepo Biak menjadi sembilan jam muli pukul 06.00 WIT sampai 15.00 WIT. Penyesuaian operasional yang dilakukan yaitu penutupan sementara terminal domestik untuk sementara berlaku hingga 4 Mei 2020.

Tetakhir, Bandara Sentani Jayapura menjadi 11,5 jam mulai pilul 06.00 WIT. Khusus angkutan logistik dan tidak melayani angkutan penumpang, dari sebelumnya beroperasi 14 jam Penyesuaian operasional si Bandara Sentani Jayapura untuk sementara berlaku hingga 30 April 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement