Ramadhan Saat Pandemi, Dwiki Dharmawan Siapkan Rohani

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 21 Apr 2020 08:09 WIB

Musisi Dwiki Dharmawan menyebut persiapan rohani penting menjelang Ramadhan saat pandemi Covid-19. Foto: Republika/Prayogi Musisi Dwiki Dharmawan menyebut persiapan rohani penting menjelang Ramadhan saat pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Dwiki Dharmawan amat menunggu datangnya Ramadhan. Ia menyambut kehadiran bulan suci dengan mempersiapkan diri untuk mengisi bulan suci.

"Persiapannya bukan secara kebendaan atau hal-hal fisik, tapi persiapan spiritual dan rohani yang lebih dikuatkan,” kata Dwiki kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Menurut Dwiki, persiapan secara rohani ini penting mengingat Ramadhan pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, umat Islam akan menyambut bulan puasa dalam situasi yang berbeda, yaitu pada saat pandemi Covid-19.

Dwiki mengatakan, ini merupakan situasi yang amat baru dan menjadi pengalaman pertama bagi umat. Ia menyadari, adanya pandemi Covid-19 tentu akan mengubah gaya hidupnya sebagai makhluk sosial.

"Selama ini kita berinteraksi. Saya ke kantor, ke klinik pelatihan, bertemu rekan di orkestra. Semua tidak lepas dalam bertemu dan berinteraksi di alam nyata dengan banyak orang, rekan, dan juga sahabat,” kata suami dari penyanyi Ita Purnamasari.

Hampir 1,5 bulan mengikuti anjuran beraktivitas di rumah, Dwiki menganggapnya sebagai sebuah anomali bagi makhluk sosial. Ia mendapati hal ini tak mudah dijalani, meskipun tujuannya besar, yakni untuk memutus rantai virus.

Oleh sebab itu, Dwiki merasa perlu menguatkan diri dari segi rohani. Ia mengatakan, banyak hal yang harus berubah.

"Semua sekarang harus secara daring, bekerja secara daring. Proses kerja manusia itu padahal banyak dari interaksi, maka kita harus bertahan karena ini adalah ujian,” kata Dwiki.

Ramadhan ini, menurut Dwiki, dapat menjadi momentum bagi umat Islam untuk mengisi energi lagi. Terlebih di saat pandemi, orang-orang harus prihatin dan berjuang.

“Perlu kekompakan dan kesadaran dan perjuangan bersama untuk menghadapi ini,” tutur dia.

Dalam berpuasa di tengah pandemi, Dwiki juga mengingatkan agar masyarakat menjaga asupan gizi seimbang. Ia merekomendasikan tambahan vitamin C dan berjemur untuk menambah asupan vitamin D.

“Saya pun kebiasaan pada saat sahur, konsumsi madu. Lalu, cukupkan minum pada saat berbuka puasa sampai sahur karena kita butuh air,” kata dia.