Senin 20 Apr 2020 11:15 WIB

Jurus Menangkis Kepanikan Akibat Pandemi Covid-19 (1)

Kepanikan terkait Covid-19 bisa ditangkis dengan berbagai cara.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Panik (Ilustrasi). Kepanikan terkait Covid-19 bisa ditangkis dengan berbagai cara.
Foto: Pixabay
Panik (Ilustrasi). Kepanikan terkait Covid-19 bisa ditangkis dengan berbagai cara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menangani panik di tengah wabah Covid-19 memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi Anda bisa mencoba mengatasinya. Orang bisa menjadi tenang karena dirinya terlatih untuk bisa menenangkan diri di tengah lingkungan yang membuat panik.

"Jadi, kalau bisa melatih diri untuk tenang, pasti kita akan terbiasa untuk menghadapi hal negatif dengan lebih tenang," ujar psikolog klinis dewasa, Reynitta Poerwito dalam Group Kulwap KALCare dengan Tema "Antipanik Hadapi Wabah Virus Corona", belum lama ini.

Baca Juga

Berikut jurus menangkis kepanikan terkait pandemi Covid-19:

Mengetahui fakta dan data

Cobalah untuk memperbarui pengetahuan dengan data yang valid mengenai virus corona. Informasi terkait juga akan membantu untuk merasa lebih tenang.

Reynitta mengatakan, kepanikan bisa meningkat bila kita tidak mengetahui data yang pasti. Pikiran mengenai kondisi atau situasi terburuk bisa terlintas hingga membuat panik.

Belajar menenangkan diri sendiri

Tenang itu bukan berasal dari lingkungan. Tenang itu berasal dari dalam diri sendiri sehingga kita perlu untuk belajar membuat diri tenang walau lingkungan sekitar tidak menenangkan.

Cobalah melakukan kegiatan yang bisa membuat tenang, seperti yoga, mempraktikkan teknik pernapasan perlahan, meditasi, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan. Cara-cara itu bisa membantu kita untuk belajar mengatur emosi agar lebih tenang di tengah kepanikan.

Mengenali pemicu yang membuat panik

Terkadang, saat panik, kita lupa untuk mencari tahu penyebab kepanikan. Misalnya, saat pandemi ini, kita panik kalau membaca tentang berapa banyak orang yang terjangkit dan orang yang meninggal dunia karena penyakit komplikasi yang diperparah karena virus corona.

Kalau memang membaca informasi tentang orang yang meninggal dunia membuat panik, kita harus bisa membatasi atau menghindari informasi tersebut untuk beberapa waktu.

Melindungi diri sebisa mungkin

Penyebaran virus bisa terjadi kalau ada interaksi. Jadi, #dirumahaja merupakan pilihan terbaik saat ini untuk melindungi diri dari orang-orang yang kita tidak tahu kondisi kesehatannya saat ini.

Tetap menjaga kesehatan

Melindungi diri saja tidak cukup apabila kita tidak berusaha untuk tetap sehat. Lakukan kegiatan sesuai anjuran dokter/profesional untuk membantu kita meningkatkan sistem imun yang lebih baik lagi. Misalnya, makan makanan bergizi, tidur cukup dan teratur, serta olah raga ringan di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement