Senin 20 Apr 2020 06:42 WIB

Begini Cara Nabi Muhammad Menyantap Madu

Nabi Muhammad SAW memilih madu sebagai sajian favorit beliau

madu (ilustrasi)
Foto: pxhere
madu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Madu adalah salah satu sajian favorit Rasulullah Muhammad SAW. Selain berasa manis, madu pun mengandung banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Bahkan, madu juga dapat menjadi obat yang menyembuhkan berbagai ragam penyakit.

Mengutip Sehat Ala Rosul karya Dr Brilianto M Soenarw, Nabi SAW memiliki cara dalam mengonsumsi madu. Beliau senang meminum madu pada pagi hari, setelah bangun tidur.

Baca Juga

Metode Nabi SAW dalam mengonsumsi madu ialah sebagai berikut. Mula-mula, beliau mengambil madu, lalu mengulum madu itu di mulutnya hingga lumer--bercampur dengan air liur.

Ini ternyata memiliki efek yang baik bagi kesehatan. Madu diketahui mengandung fruktosa sehingga memang lebih baik bila dicampur dengan air liur. Dengan begitu, madu lebih mudah larut saat dicerna oleh lambung.

Kebiasaan mengonsumsi madu tiap pagi hari juga dapat mencegah seseorang dari sakit maag. Pada pagi hari, perut kosong karena Nabi makan malam ringan sekitar bakda shalat isya.

Maka, madu dapat melapisi dinding lambung sehingga Nabi SAW tidak terkena maag. Ya, beliau makan malam dengan porsi yang sedikit. Untuk porsi makan yang lebih banyak beliau cenderung melakukannya ketika makan siang.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement