Ahad 19 Apr 2020 21:47 WIB

Harga Bahan Pokok di Lebak Jelang Ramadhan Stabil

Tidak terjadi lonjakan harga yang berarti pada harga bahan pokok.

Pedagang melayani penjualan bahan pokok di pasar (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pedagang melayani penjualan bahan pokok di pasar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak memastikan harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak, Banten, menjelang bulan suci Ramadhan 2020 relatif stabil. Tidak terjadi lonjakan harga yang berarti.

"Kami menjamin harga bahan pokok menjelang Ramadhan itu stabil karena pasokan melimpah," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Agus Reza di Lebak, Ahad (19/4).

Baca Juga

Berdasarkan pemantauan persediaan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional Rangkasbitung, Maja, Bayah dan Malingping melimpah. Pasokan tidak terdampak oleh pandemi Covid-19.

Harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan tidak terjadi kenaikan dan mengalami gejolak seperti beras jenis KW I yang di jual Rp 10.125 per kilogram. Beras KW II Rp 9.663 per kilogram dan beras KW III Rp 8.725 per kilogram.

 

Begitu juga dengan gula pasir yang harganya Rp 17.750 per kilogram, minyak goreng tanpa merk Rp 11.250 per liter, daging sapi Rp 120 ribu per kilogram, daging kerbau Rp 121 ribu per kilogram dan daging unggas broiler Rp 32 ribu per kilogram.

Selain itu, terigu harganya Rp 9.900 per kilogram, telur ayam ras Rp 23 ribu per kilogram, cabai keriting Rp 57 ribu per kilogram, cabai besar Rp 47 ribu per kilogram, kedelai impor Rp 9.700 per kilogram dan kedelai lokal Rp 8.000 per kilogram.

Oleh karena itu, Agus meminta masyarakat tidak panik menjelang Ramadhan, sebab persediaan melimpah dan stok beras mencukupi, terlebih panen raya berlangsung hingga Agustus 2020. "Kami berharap warga tetap tenang dan tidak panik menghadapi wabah Covid-19, karena stok bahan pokok melimpah," ujarnya.

Agus (45), seorang pedagang bahan pokok di kiosnya di Pasar Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengaku sejak tiga pekan terakhir harga bahan pokok relatif stabil dan tidak terjadi kenaikan. Belum lama ini, kata dia, Perum Bulog Subdivre Lebak-Pandeglangjuga melakukan operasi pasar kebutuhan bahan pokok. "Kami tidak menaikkan harga bahan pokok menjelang Ramadhan karena pasokan melimpah," katanya.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement