Ahad 19 Apr 2020 16:32 WIB

Masjid Istiqlal Salurkan Bantuan Covid-19 ke Masyarakat

Bantuan dari Masjid Istiqlal berupa paket sembako dan APD.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Istiqlal Salurkan Bantuan Covid-19 ke Masyarakat. Foto ilustrasi.
Foto: Putra M. Akbar/Republika
Masjid Istiqlal Salurkan Bantuan Covid-19 ke Masyarakat. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabag Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, sudah menyalurkan berbagai bantuan dari para donatur, termasuk kebutuhan pokok pada masyarakat yang membutuhkan. Bahkan dia menyatakan, sejak sepekan kemarin, bantuan ke Istiqlal untuk disalurkan terus terjadi.

“Kami sudah lakukan penyaluran dari para donatur, termasuk Tahir Foundation, Keuskupan Agung Katederal, Wali Gereja, Kemensos, dan lainnya,” ujar dia ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Ahad (19/4).

Baca Juga

Menurut dia, sebagai landmark umat Muslim, Masjid Istiqlal menjadi salah satu titik untuk menyalurkan bantuan pada para warga yang membutuhkan. Utamanya, warga sekitar masjid yang memang membutuhkan karena efek penurunan ekonomi akibat pandemi.

Dia merinci, pada pekan kemarin saja, ada sekitar 1.000 bahan pokok yang disalurkan pada masyarakat sekitar Istiqlal yang membutuhkan. “Untuk sembako nilainya sekitar Rp 500 ribu, isi paketnya dari beras, makanan instan, minyak dan lainnya,” ujar dia.

Dia melanjutkan, pembagian sembako dari Istiqlal akan dilakukan kembali, jika donasi dari para donatur sudah terkumpul.Menyambut Ramadhan, ia juga akan membagikan makanan secara terus-menerus.

“Kami bagikan seperti kurban. Memanggil RT/RW, karena memang tidak boleh ada kumpul-kumpul,” ujar dia.

Dia menambahkan, bantuan yang disalurkan dari Istiqlal juga tidak hanya berupa makanan dan sembako. APD juga telah dibagikan secara bertahap.

“Untuk APD nilai bantuan yang sudah disalurkan lebih dari Rp 5 miliar, diantaranya dibagikan berupa vocer untuk ditukar APD” ujarnya.

Kepada Republika.co.id dia mengatakan, selama bulan suci Ramadhan, kegiatan di Istiqlal akan dikurangi. Dari awalnya ada 17 program, hanya ada dua program yang akan berjalan selama bulan suci, yaitu santunan yatim dan pembayaran serta penyaluran zakat.

“Acara lainnya dari mulai bersih-bersih, tarawih, buka puasa dan sebagainya ditiadakan,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement