Ahad 19 Apr 2020 13:33 WIB

Inovasi Mahasiswa UBSI  Raih Juara Lomba Krenova Kota Tegal

Tim mahasiswa UBSI Tegal menciptakan alat pendeteksi kebocoran listrik rumah.

Penilaian Alat Pendeteksi Kebocoran Listrik Rumah Berbasis Mikrokontroller Arduino oleh juri lomba krenova tingkat Kota Tegal di UBSI Kampus Tegal.
Foto: Dok UBSI
Penilaian Alat Pendeteksi Kebocoran Listrik Rumah Berbasis Mikrokontroller Arduino oleh juri lomba krenova tingkat Kota Tegal di UBSI Kampus Tegal.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Kelompok mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Tegal yang beranggotakan Muhammad Nur Indria, Fathurrohman Al Ubaidillah, Shofa Nabila Alfa dan Zamghoni Mukhotob berhasil merah juara harapan pertama  pada Lomba Krenova (Kreativitas Inovasi Masyarakat) tingkat Kota Tegal.

Keempat mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknologi Komputer (TK) UBSI Kampus Tegal ini berhasil meraih juara tersebut berkat inovasi pembuatan alat Pendeteksi Kebocoran Listrik Rumah Berbasis Mikrokontroller Arduino.

“Perwakilan dari tim mahasiswa UBSI Kampus Tegal mempunyai inovasi di bidang teknologi, dan telah berusaha melewati babak penyisihan mulai dari penilaian video presentasi tentang kegunaan alat inovasi, hingga monitoring alat oleh tim juri Krenova. Alhamdulilah kita mendapat juara harapan pertama, saya ucapkan selamat untuk tim dan teruslah berkarya”, kata Suleman selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Prodi TK UBSI Kampus Tegal, Kamis (16/4).

Ia mengungkapkan penilaian pada lomba Krenova (Kreativitas Inovasi Masyarakat) tingkat Kota Tegal ini dilakukan oleh juri dari Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kota Tegal.

“Perlombaan diikuti puluhan peserta lainnya yang berlatar belakang mahasiswa, siswa SMA/SMK sederajat, serta masyarakat umum kota Tegal,”  lanjutnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Shofa juga menanggapi kemenangangan kelompoknya dalam Lomba Krenova tingkat Kota Tegal dengan rasa syukur dan rasa terima kasih kepada pihak kampus yang sudah mendukung penuh selama perlombaan.

“Walau lomba diselenggarakan dalam suasana saat ini d imana pandemi Covid-19 sedang mewabah, alhamdulillah berjalan lancar dan kami mendapat hasil baik dari perlombaan ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak kampus yang mendukung kami sejauh ini,”  ungkap Shofa.

Zamghoni  juga mengungkapkan perasaan yang sama dengan rekannya, Shofa. Ia berterima kasih kepada pihak kampus atas dukungan selama ini. Mereka harus mempersiapkan untuk maju ke tahap selanjutnya.

“Dengan adanya dukungan dari beberapa pihak,  khususnya kampus dan teman mahasiswa membuat kami semakin semangat untuk maju ke tingkat provinsi. Kami harap majunya kami ke tingkat provinsi dapat memotivasi mahasiswa-mahasiswa UBSI Tegal untuk selalu berinovasi terutama di bidang teknologi," harap Zhamgoni.

Dengan kemenangan ini, tim UBSI Kampus Tegal dinyatakan lolos untuk maju pada Lomba Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement