Ahad 19 Apr 2020 11:51 WIB

Relawan Kapau Peduli Bagikan Bantuan Nasi Kapau untuk Warga

120 bungkus nasi kapau per hari sudah dibagikan selama 7 hari terakhir.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Indira Rezkisari
Relawan Kapau Peduli membagikan bantuan berupa Nasi Kapau untuk warga terdampak pandemi covid-19 di Nagari Kapau, Kabupaten Agam.
Foto: Dokumentasi Relawan Kapau Peduli
Relawan Kapau Peduli membagikan bantuan berupa Nasi Kapau untuk warga terdampak pandemi covid-19 di Nagari Kapau, Kabupaten Agam.

REPUBLIKA.CO.ID, AGAM -- Relawan Kapau Peduli di Nagari Kapau, Kabupaten Agam, Sumatra Barat melakukan aksi penyaluran bantuan berupa nasi kapau kepada warga yang terdampak virus corona atau Covid-19. Koordinator Kapau Peduli Alex Youhendri mengatakan mereka sudah menyalurkan bantuan berupa nasi kapau sebanyak 120 bungkus setiap hari selama 7 hari terakhir.

"Sudah berlangsung 7 hari dan ini hari terakhir. Kami bagikan nasi kapau untuk warga yang terdampak virus corona," kata Alex kepada Republika, Ahad (19/4).

Baca Juga

Alex menjelaskan bantuan ini disalurkan ke 12 jorong yang ada di Nagari Kapau. Masing-masing jorong mendapatkan 10 bungkus nasi kapau.

Nasi ini dibeli dari 3 warung nasi kapau di Nagari Kapau. Alex menyebut ada dua manfaat dari aksi pembagian nasi kapau ini. Pertama dapat membantu warga yang kesusahan akibat virus corona, kedua dapat meningkatkan perekonomian pedagang nasi kapau.

Dari 3 warung nasi kapau, masing-masing setiap hari mendapat jatah jual 40 bungkus selama 7 hari. "Dagangan pedagang nasi laku, masyarakat miskin terbantu," ucap Alex.

Alex mengatakan bantuan berasal dari kolaborasi relawan Kapau Peduli, perantau Kapau dan warga Kapau di kampung. Perantau ini ada yang dari Jakarta dan sekitarnya, Kota Padang dan Kota Bukittinggi.

Alex mengakui pihaknya baru sanggup untuk membantu 120 orang warga miskin di Kapau. Relawan membagikan berdasarkan data yang dihimpun dari pemerintahan jorong dan nagari.

Warga yang mendapat bantuan ini rata-rata adalah janda lansia, duda lansia yang sudah susah mendapatkan penghasilan. Alex berharap ke depan mereka dapat menyalurkan bantuan lagi begitu dana sudah terkumpul.

Alex menyebut relawan Kapau Peduli juga akan menyalurkan bantuan dalam bentuk paket sembako saat Ramadhan. Saat ini Relawan Kapau Peduli berencana membagikan paket sembako dua kali selama Ramadhan 1441 H nanti.

"Ramadhan kami juga akan salurkan sembako. Dua kali di Ramadhan kali ini," ucap Alex.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement