Ahad 17 May 2020 08:04 WIB

Kacamata Berembun Saat Memakai Masker?

Kacamata kerap berembun saat memakai masker.

Foto: Republika
Kacamata kerap berembun saat orang memakai masker.

REPUBLIKA.CO.ID,

Embusan napas yang keluar melalui bagian atas masker kerap membuat kacamata berembun. Berikut tiga trik sederhana untuk mengatasinya. 

 

* Cuci lensa kacamata dengan sabun cair. Kibas pelan kacamata agar air yang menempel di lensa berjatuhan. Biarkan udara mengeringkannya secara alami.

 

Anda juga bisa mengelapnya dengan menggunakan tisu lembut hingga kering. Lapisan tipis surfaktan dari sabun bisa membuat kacamata tidak berembun selama beberapa jam.

 

* Lipat bagian masker yang paling atas untuk menambah ruang bagi pernapasan agar embusannya tidak langsung mengarah ke kacamata. Perlu diingat, trik ini dapat mengurangi ukuran masker. 

 

Penting untuk memastikan masker tetap bisa melindungi bagian mulut dan hidung. Di samping itu, cara ini juga tidak berlaku untuk masker bedah yang memiliki kawat di bagian hidung.

 

3. Tambahkan tisu

Setelah melipat bagian atas masker, Anda juga bisa menambahkan tisu pada bagian lipatan tersebut. Lipat tisu menjadi persegi panjang, lalu tempelkan tepat di lipatan bagian atas masker. Tisu bisa membantu menyerap kelembapan dari embusan napas dan menghalangi kondensasi yang membuat kacamata berembun. 

 

Sumber: Republika.co.id Pengolah: Gumanti Awaliyah, Reiny Dwinanda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement