MUI Sulsel: Tunda Ziarah Kubur Cukup Doakan dari Rumah

Red: Nashih Nashrullah

 Sabtu 18 Apr 2020 23:50 WIB

MUI Sulsel mengimbau umat Islam tunda ziarah kubur jelang Ramadhan. Ilustrasi ziarah kubur jelang Ramadhan. Foto: Republika/Raisan Al Farisi MUI Sulsel mengimbau umat Islam tunda ziarah kubur jelang Ramadhan. Ilustrasi ziarah kubur jelang Ramadhan.

MUI Sulsel mengimbau umat Islam tunda ziarah kubur jelang Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR— Ketua Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan KH Sanusi Baco LC mengimbau umat Muslim di daerah ini untuk mengikuti seruan MUI agar tidak ziarah kubur menjelang Ramadhan 1441 Hijriyah pada masa pandemi Covid-19.

Hal itu dikemukakan Sanusi di Makassar, Sabtu, menanggapi kebiasaan masyarakat berziarah kubur jelang bulan suci Ramadhan.

Baca Juga

Menurut dia, ziarah kubur adalah amalan yang sangat baik karena mengingatkan manusia pada kematian, sehingga akan menjaga tingkah lakunya. Namun apabila kondisi terjadi wabah seperti saat ini, maka sebaiknya tidak melakukan ziarah kubur untuk menghindari kerumunan yang dapat memicu penyebaran Covid-19.

"Karena itu, kebiasaan ziarah ke makam orang tua, kerabat dan saudara yang telah meninggal tersebut dapat diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing. Insya Allah nilai pahalanya akan sama," kata dia. 

Begitu pula dengan kebiasaan silaturrahim kepada keluarga, kerabat dan teman jelang Ramadhan untuk saling memaafkan, untuk sementara dapat menggunakan telepon atau handphone.

Sanusi mengatakan, semua itu dilakukan untuk mendukung program pemerintah yakni melakukan"social distancing" atau pembatasan sosial dan juga "physical dstancing" atau jaga jarak demi mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk mengeluarkan zakat fitrah pun dianjurkan untuk membayarkan pada awal bulan suci Ramadhan dan jangan menunggu pada akhir Ramadhan. Tujuannya agar zakat tersebut lebih cepat dibagikan kepada delapan golongan orang yang berhak menerima zakat fitrah.

Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, lanjut Sanusi, umat Muslim juga sudah diimbau untuk melatih diri melakukan amalan-amalan sunat misalnya memperbanyak membaca Alquran, berpuasa dan bersedekah.

 

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X