Perbanyak Amalan Hati Selama Puasa Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

 Sabtu 18 Apr 2020 09:51 WIB

Perbanyak Amalan Hati Selama Puasa Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Perbanyak Amalan Hati Selama Puasa Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan

Rasulullah pernah mengajarkan agar umat melakukan amalan rahasia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum IKADI KH Ahmad Satori Ismail mengatakan Rasulullah pernah memberikan nasihat agar umatnya bisa melakukan amalan rahasia.

"Lakukanlah amalan shalih, amalan di rumah yang tidak diketahui orang lain selain keluarga,"jelas dia kepada Republika, Jumat (17/4).

Salah satu amalan rahasia adalah sedekah. Di masa pandemi ini, sedekah dengan rahasia bisa tepat dilakukan dengan berbagai media online seperti internet banking.

Tak hanya sedekah, zakat juga dapat dilakukan dengan online. Amalan -amalan tersebut dapat dilakukan tidak diketahui orang lain kecuali yang menerima.

Selain itu, selama wabah, meski silaturahmi menjadi amalan yang afdhal kini bentuk silaturahmi dapat dilakukan dengan cara berbeda. Meski tidak harus bertatap muka karena jarak, biaya yang seharusnya dikeluarkan dapat dialihkan dengan membantu keluarga dan kerabat yang membutuhkan.

"Ini merupakan bentuk silaturahmi yang luar biasa, tak hanya pahala silaturahmi tetapi juga pahala sedekah,"ujar dia.

Selama Ramadhan biasanya sering mengadakan buka dan sahur bersama, tahun ini alangkah baiknya biaya buka bersama ini dialihkan untuk membantu tetangga sekitar untuk mereka sahur dan berbuka. Jika memang kurang aman, hal ini dapat dilakukan dengan sedekah online.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X