Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

China Sedang Uji Coba Mata Uang Digital Negara?

Sabtu 18 Apr 2020 08:30 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Kabar Besar! China Sedang Uji Coba Mata Uang Digital Negara??. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)

Kabar Besar! China Sedang Uji Coba Mata Uang Digital Negara??. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)

Kabar Besar! China Sedang Uji Coba Mata Uang Digital Negara??

Warta Ekonomi.co.id, Bogor

Tanpa tedeng aling-aling, ruang digital China diramaikan oleh kabar munculnya mata uang digital milik negara, dengan tangkapn layar sebagai bukti.

Berdasarkan kabar itu, lahir prediksi yang menyebut kalau Bank Sentral China (People Bank of China/PBoC) bakal meluncurkan mata uang digital sesegera mungkin.

"Tangkapan layar itu banyak beredar di media sosial China. Kabarnya, Agricultural Bank of China merupakan pihak yang sedang menguji coba uang digital tersebut dalam skala kecil," tulis SCMP, dilansir Jumat (17/4/2020).

Baca Juga: Gegara Transaksi Online Meroket di Tengah Corona, Facebook Mau Rilis 'Dolar' Versi Cryptocurrency

Laporan yang sama menyebut, uji coba mata uang digital itu sudah berlangsung beberapa bulan, dilakukan oleh bank milik negara. Namun, harusnya uji coba itu dilakukan secara rahasia.

Ketika ditanya soal kabar itu, Lembaga Penelitian Uang Digital yang berada di bawah naungan PBoC memilih tidak berkomentar.

Jika kabar itu benar, maka China jadi negara pertama yang mengeksplorasi mata uang digital negara. Pengawasannya berada di tangan bank sentral negara.

Namun di sisi lain, bank sentral Negeri Tirai Bambu justru melarang bank menerima mata uang kripto seperti Bitcoin, karena dianggap berisiko menganggu stabilitas keuangan negara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA