Sabtu 18 Apr 2020 00:36 WIB

Pangeran William Puji Aksi Veteran Inggris Galang Donasi

Veteran Inggris ini berhasil menggalang Rp 335 miliar untuk tim medis.

Bendera Inggris
Bendera Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kapten Tom Moore, seorang veteran perang Inggris berusia 99 tahun, berhasil menggalang dana hingga 17,4 juta poundsterling (setara Rp 335 miliar) dengan melakukan aksi berjalan kaki di halaman rumahnya. Dana hasil donnasi ini untuk tim medis penanganan corona.

Moore, yang biasanya mengenakan tongkat jalan kaki empat sejak mengalami patah pinggul, telah berjalan sejauh 100 putaran pada Kamis (16/4), sesuai target yang dia pasang sebelum ulang tahun ke 100 pada 30 April mendatang.

Baca Juga

Awalnya Moore mengumpulkan sebanyak 1.000 poundsterling (sekitar Rp 19 juta). Namun kemudian dia bisa menarik simpati dari masyarakat Inggris yang tengah menjalani karantina wilayah secara nasional, hingga donasi mengalir deras dari masyarakat seluruh dunia.

"Tadinya ini hanya bercanda. Tetapi kemudian menjadi besar dan semakin besar, hingga sekarang. Maksud saya, sepertinya akan bisa mencapai sekian juta pound, yang berarti sangat banyak," kata Moore kepada Reuters, 15 April.

Dia melanjutkan, "Saya bahkan tidak pernah membayangkan uang sebanyak itu. Dan memang Layanan Kesehatan Nasional adalah pihak yang melakukan pekerjaan luar biasa untuk kita semua."

Ketika itu, Moore menargetkan bisa menggalang dana hingga 10 juta poundsterling."Selama saya bisa berjalan, dan selama orang-orang menyumbangkan uangnya, saya akan tetap berjalan," ujar dia.

Merespon aksi Moore, Menteri Transportasi Inggris Grant Shapps mengatakan, "Dia adalah pahlawan nasional sesungguhnya. Betapa dia merupakan pria yang luar biasa hebat. betul-betul pahlawan Inggris dan saya rasa dia memberikan harapan bagi masyarakat."

Pangeran William turut berkomentar dengan menyebut Moore sebagai legenda yang sesungguhnya. "Yang saya sukai darinya adalah dia seorang veteran perang berusia 99 tahun, dia sudah mengalami dan memahami banyak hal, dan luar biasa ketika orang-orang terinspirasi oleh kisah dan perjuangannya," kata William dalam wawancara dengan BBC.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement