Jumat 17 Apr 2020 16:43 WIB

Satu Pasien Positif Covid-19 di Ciamis Dinyatakan Sembuh

Pasien Covid-19 di Ciamis dinyatakan sembuh setelah hasil tes swab negatif

Rep: Bayu Adji P/ Red: Christiyaningsih
 Pasien Covid-19 di Ciamis dinyatakan sembuh setelah hasil tes swab negatif. Ilustrasi.
Foto: Republika/Abdan Syakura
Pasien Covid-19 di Ciamis dinyatakan sembuh setelah hasil tes swab negatif. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis mengonfirmasi kesembuhan satu pasien positif di wilayahnya. Pasien itu dinyatakan sembuh setelah dilakukan tes swab atau PCR dan hasilnya menunjukkan negatif.

Jubir Covid-19 Kabupaten Ciamis Bayu Yudiawan mengatakan pasien rencananya akan segera dipulangkan ke rumahnya. Namun, selama di rumah pasien harus tetap menjalani isolasi mandiri selama 14 hari ke depan.

Baca Juga

Bayu mengatakan pasien itu merupakan kasus positif pertama di Kabupaten Ciamis. "Kabar gembira bagi kami. Pasien konfirmasi 01 hasil swab terakhir negatif dan dinyatakan sembuh," kata dia, Jumat (17/4).

Kendati demikian, pasien itu nantinya harus tetap melakukan rawat jalan sebab ia memiliki penyakit bawaan lain yaitu strok dan hipertensi. Dengan kesembuhan satu pasien positif Covid-19, saat ini hanya tinggal satu pasien lainnya yang masih positif. Pasien kedua tidak dirawat di rumah sakit, melainkan menjalani isolasi mandiri di rumahnya lantaran ia tak memiliki gejala klinis.

"Untuk pasien konfirm 02 dalam keadaan baik. Saat ini masih melanjutkan isolasi madiri di rumah karena tidak ada indikasi perawatan," kata Bayu.

Selain itu, di Kabupaten Cimais juga terdapat 19 pasien dalam pengawasan (PDP). Sebanyak tujuh orang masih dalam pengawasan dan empat orang dinyatakan meninggal dunia. Sementara kasus orang dalam pemantauan (ODP) 1.631 orang, di mana 269 orang masih dalam pemantauan dan sisanya telah selesai pemantauan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement