Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

5 Kekeliruan Seputar Covid-19

Jumat 17 Apr 2020 00:31 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Sadly Rachman

Warga Venezuela di tengah wabah Covid-19

Foto: AP
EMBED
Lima hal kekeliruan tentang Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan besarnya perhatian terhadap Covid-19, informasi mengenai penyakit ini pun terus bergulir. Sayangnya, tak semua informasi mengenai Covid-19 yang beredar di tengah masyarakat dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Setidaknya ada lima mitos keliru terkait Covid-19 yang banyak beredar di media sosial hingga aplikasi berpesan singkat. Berikut ini adalah kelima mitos tersebut seperti dilansir Medical News Today.

Menyemprotkan klorin atau alkohol. Informasi ini tidak benar karena mengaplikasikan alkohol atau klorin ke tubuh justru berbahaya.

Covid-19 sama seperti flu. Covid-19 dan flu memang memiliki beberapa gejala yang sama. Namun, Covid-19 tampak lebih serius dibandingkan flu. Tingkat kematian rata-rata Covid-19 tampak berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kematian rata-rata flu musiman.

Semua berujung pada kematian. Kabar bahwa semua pasien Covid-19 akan berakhir dengan kehilangan nyawa merupakan informasi keliru. WHO memperkirakan sekitar 80 persen pasien Covid-19 mengalami gejala ringan sehingga tak membutuhkan terapi khusus di rumah sakit.

Pengering tangan membunuh virus corona. Alat pengering tangan memang mengembuskan hawa yang cukup panas. Akan tetapi, alat pengering tangan tidak bisa membunuh virus corona. Cara terbaik untuk melindungi diri maupun orang lain dari virus ini adalah mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air mengalir.

Perlu 10 menit untuk menularkan Covid-19. Makin lama menghabiskan waktu dengan orang yang terinfeksi, risiko seseorang untuk tertular juga akan makin besar. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi seseorang untuk tertular dalam waktu kurang dari 10 menit.

 

 

Video Kreator | Sadly Rachman

 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA