Infografis Panduan Pengumpulan Zakat di Tengah Corona

Red: Ani Nursalikah

Jumat 17 Apr 2020 05:00 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,

- Muslim diimbau membayar zakat harta segera sebelum Ramadhan sehingga terdistribusi kepada mustahik lebih cepat.

- Pengelola zakat meminimalkan pengumpulan zakat melalui kontak fisik, tatap muka langsung, dan membuka gerai di keramaian. Hal tersebut dapat diganti dengan layanan jemput zakat dan transfer layanan perbankan.

- Pengelola zakat berkomunikasi melalui unit pengumpul zakat (UPZ) dan panitia di masjid, mushala, dan tempat pengumpulan zakat lainnya di lingkungan masyarakat untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun dan alat pembersih sekali pakai di lingkungan sekitar.

- Pengelola zakat memastikan lingkungan penerimaan zakat dibersihkan rutin, khususnya handel pintu, saklar lampu, komputer, papan tik, alat pencatatan, tempat penyimpanan, dan fasilitas lain yang sering terpegang tangan.

- Panitia pengumpul zakat fitrah meminimalkan kontak fisik langsung, seperti berjabat tangan ketika melakukan penyerahan zakat.

- Menghindari penyaluran zakat fitrah kepada mustahik melalui tukar kupon dan pengumpulan orang.

- Penyaluran zakat fitrah dengan memberikan secara langsung kepada mustahik. Pengelola zakat diminta pro-aktif mendata mustahik.

- Petugas yang menyalurkan zakat fitrah agar dilengkapi dengan alat pelindung kesehatan seperti masker, sarung tangan, dan alat pembersih sekali pakai (tisu). Tugas pembersihan dilakukan petugas terampil dan gunakan bahan pembersih yang sesuai.

Pengolah: Ani Nursalikah

Sumber: Kementerian Agama

 

Terpopuler