Rabu 15 Apr 2020 18:37 WIB

MAJT Gerakkan Potensi Zakat Bantu Warga Terdampak Corona

MAJT menyiapkan 2.500 paket untuk membantu warga terdampak corona.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/11).
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang menaruh perhatian terhadap pandemi covid-19. Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (PP MAJT) pun berinisiatif untuk menggerakkan potensi zakat, infak serta sedekah guna ikut membantu warga Kota Semarang yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Upaya ini telah diwujudkan dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Peduli Covid 19 MAJT dengan menunjuk Koordinator Bidang (Korbid) Humas MAJT, H Isdiyanto Isman untuk menghimpun donasi untuk selanjutnya segera didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak Covid 19 di Kota Semarang.

Baca Juga

“Untuk tahap pertama dalam upaya membantu masyarakat terdampak Covid 19 Satgas Peduli Covid-19 MAJT akan menyalurkan paket bahan kebutuhan pokok masyarakat, kepada 2.500 penerima manfaat yang terdampak Covid 19,” kata Noor Achmad, yang juga penanggung jawab Satgas Peduli Covid MAJT.

Saat ini, kata dia, Satgas Peduli Covid-19 MAJT sudah mulai bergerak mengumpulkan donasi, baik berupa zakat, infak dan sedekah, dari para dermawan di Jawa Tengah. Selain menggalang para donatur di tengah masyarakat, satgas juga menghimpun donasi di lingkup pengurus PP MAJT.

Inisiatif  PP MAJT untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 tersebut juga mendapatkan respon serta dukungan yang positif dari segenap pengurus MAJT. “Alhamdulillah para pengurus juga memberi kepedulian serta respons yang tinggi dalam pengumpulan donasi ini,” ucap dia.

Konsep sedekah ini, kata Noor Ahmad, memang digerakkan dan optimalkan untuk mewujudkan dukungan MAJT kepada masyarakat yang terdampak pandemic Covid-19. Sebab dalam kondisi seperti ini, masjid juga memiliki kewajiban untuk mengelola sedekah untuk kemaslahatan umat yang terdampak.

Tak lupa ia juga mengajak para dermawan serta masyarakat yang mampu secara ekonomi untuk memperbanyak amal kebaikan sekaligus mendukung program Peduli Covid 19 MAJT, dengan menyalurkan donasi kepada Satgas Peduli Covid 19 MAJT.

Bagi masyarakat yang ingin berdonasi bisa berpartisipasi melalui nomor rekening BPD Capem Setwilda Jateng 2057077973 atas nama Masjid Agung Jawa Tengah. “Untuk infomasi lebih lanjut terkait dengan program Satgas Peduli Covid-19 MAJT juga bisa menghubungi Nomor telepon 085786875244,” kata dia.

Masih terkait dukungan MAJT kepada masyarakat terdampak Covid-19, sebelumnya Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Masjid Agung Jawa Tengah (LAZISMA) telah mendistribusikan bantuan paket bahan kebutuhan pokok dan paket Hand sanitizer serta masker kepada pegawai dan masyarakat binaan LAZISMA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement