Rabu 15 Apr 2020 09:18 WIB

Beri Semangat Pasien, Perawat Pasang Foto Tersenyum di APD

Senyum yang meyakinkan dari tenaga medis dipercaya bisa membuat pasien tenang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Derek DeVault dan kawan-kawan saat mengenakan APD disertai foto tersenyum.
Foto: derekdevault/instagram
Derek DeVault dan kawan-kawan saat mengenakan APD disertai foto tersenyum.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Aksi Robertino Rodriguez, seorang terapis pernapasan di Scripps Mercy Hospital, menjadi viral di dunia maya. Dia menempelkan foto diri sembari tersenyum di alat pelindung diri (APD) yang dikenakannya.

Aksinya tersebut menjadi tren baru di kalangan petugas medis. Rodriguez mengatakan aksi tersebut dilakukan lantaran dia merasa tidak nyaman melayani pasien di UGD dengan wajah yang tertutupi APD. Padahal dia percaya, senyum yang meyakinkan dari tenaga medis bisa membuat pasien tenang dan tidak merasa takut.

Rodriguez kemudian mengunggah aksinya tersebut ke akun Instagram-nya. Unggahan tersebut disukai sedikitnya oleh 35 ribu orang dan ribuan komentar.

"Hari ini aku mencetak foto untuk APD-ku. Jadi pasien-pasienku dapat melihat senyum yang meyakinkan dan menghibur," kata Rodriguez, dilansir di Fox News, Selasa (14/4).

Aksi itu menjadi viral di media sosial dan banyak petugas medis lain yang juga mengunggah foto serupa. Mereka menempel foto diri sambil tersenyum di APD.

Derek DeVault, seorang perawat di Los Angeles dan dua rekan kerjanya berbagi postingan serupa ke Instagram. Dia mengatakan, aksi ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres para pasien pada masa pandemi.

"Terima kasih kepada semua petugas kesehatan di luar sana karena berjuang di garis depan. Kepada semua orang yang tinggal di rumah, saya tahu itu juga tidak mudah. Terus semangat," kata DeVault.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement