Rabu 15 Apr 2020 01:21 WIB

Cerita Laga Ke-100 Eden Hazard

Eden Hazard tampil ke-100 berturut-turut di kompetisi Ligue 1.

Eden Hazard
Foto: EPA-EFE/Emilio Naranjo
Eden Hazard

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 15 April 2012, Eden Hazard menciptakan tonggak bersejarah dengan menandai penampilannya yang ke-100 berturut-turut di kompetisi Ligue 1 Prancis. Kala itu, Hazard tengah merumput di klub Ligue 1 Prancis, Lille FC. Hingga kini, jumlah penampilan Hazard itu menjadi rekor penampilan terpanjang dalam sejarah Ligue 1.

Ia tidak pernah absen dalam 100 pertandingan tersebut. Namun, sesungguhnya ia tidak hanya menciptakan penampilan ke-100. Dalam penampilan tersebut, Hazard juga mencetak satu gol dan menyumbang assist dalam kemenangan 4-1 Lille atas Ajaccio kala itu.

Hazard merumput di Lille sejak 2007 hingga 2012. Gelandang serang asal Belgia ini kemudian hijrah ke klub Liga Primer Inggris Chelsea pada 2012. Di bulan yang sama, pemain kelahiran 7 Januari 1991 itu juga dinominasikan dalam penghargaan Pemain Terbaik tahun ini versi UNFP untuk ketiga kalinya secara beruntun. Pada pekan kedua Mei 2012, Hazard berhasil meraih anugerah tersebut, mengalahkan Olivier Giroud dan Younes Belhanda.

Raihan itu setidaknya menjadikan Hazard sebagai pemain kedua dalam sejarah, setelah legenda Paris Saint-Germain (PSG) Pauleta, yang mampu meraih penghargaan tersebut secara berurutan dari musim ke musim. Hazard juga termasuk dalam Team of the Year untuk musim ketiga kalinya berturut-turut.

Pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut tampil dalam laga terakhirnya untuk Lille saat melawan Nancy, klub tempat ia memulai debut profesionalnya, pada 20 Mei tahun yang sama. Hazard kemudian memberi kado perpisahan untuk Lille dengan mengemas hat-trick perdana dalam kariernya ketika Lille membukukan kemenangan 4-1 atas Nancy.

Secara keseluruhan di semua kompetisi, Hazard menutup musim 2011-2012 dengan catatan 49 penampilan dan 22 gol. Hal itu menjadi pencapaian tertinggi sepanjang kariernya di Stade Pierre-Mauroy.

Kinerjanya yang mengesankan membuatnya dilirik oleh klub Liga Primer Chelsea. Chelsea akhirnya secara resmi mengumumkan perekrutan Hazard pada 4 Juni 2012. Langkah transfer yang dilaporkan senilai 32 juta pound. Hazard kemudian mengenakan nomor punggung 17 yang sebelumnya digunakan oleh Jose Bosingwa.

Pada 18 Juli 2012, ia memulai debutnya untuk the Blues pada laga persahabatan pramusim melawan Seattle Sounders. Kala itu, ia memainkan sebagian besar pertandingan dan membuka keran gol untuk Chelsea. Hingga saat ini, Hazard telah mencatatkan 240 penampilan dan mencetak 69 gol di semua kompetisi untuk the Blues. 

Kini, Hazard membela Real Madrid. Madrid 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement