Selasa 14 Apr 2020 14:42 WIB

KKP-Kementan Kolaborasi Jual Produk Ikan Lewat Toko Tani

Dengan kerja sama ini masyarakat akan mudah mendapatkan ikan secara daring.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
KKP-Kementan kolaborasi jual produk ikan lewat Toko Tani. Foto nelayan, (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Moch Asim
KKP-Kementan kolaborasi jual produk ikan lewat Toko Tani. Foto nelayan, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Pengembangan Kewirausahaan Kelautan dan Perikanan (P2KP) dan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Kementerian Pertanian (Kementan) berkolaborasi menyediakan bahan pangan produk ikan. Direktur Pemasaran, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Machmud mengatakan bahan pangan produk ikan kini dapat diperoleh di TTIC yang berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"P2KP sebagai pelopor kerjasama dengan TTIC merupakan program kewirausahaan bagi para pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang akan menjalani purna tugas dan ingin menjadi wiraswasta di bidang kelautan dan perikanan," ujar Machmud yang juga menjabat sebagai Direktur P2KP di Jakarta, Selasa (14/4).

Baca Juga

Machmud menilai dengan adanya kerja sama ini, masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya mendapatkan kemudahan melakukan pembelian produk ikan secara daring. Caranya cukup mudah karena menggunakan fitur GoShop yang sudah tersedia di aplikasi Gojek.

Machmud menjelaskan pembeli cukup menginput nama Toko Tani di daftar toko pada aplikasi Go Shop, dan kemudian melakukan pemesanan produk ikan yang akan dibeli. Sementara terkait dengan informasi harga atau stok, pelanggan bisa menghubungi nomor 0812 8448 6476.

"Produk-produk  yang ditawarkan mulai dari ikan beku baik utuh maupun  filet, serta aneka olahan ikan seperti bakso, lumpia, siomay, fish roll, nugget, tahu tuna, tekwan, pempek, kaki naga, bandeng presto, dan lain-lain," ucap Machmud.

Machmud menjelaskan produk bermutu yang  sesuai dengan standar keamanan pangan menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan P2KP kepada pembeli. Produk-produk tersebut berasal dari pemasok yang terpercaya untuk menjamin higienitas dan standar mutu.

Ke depan, lanjut Machmud, P2KP akan bekerja sama dengan TTIC di lokasi lainnya yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). "Tujuannya agar pangsa pasar produk-produk perikanan bisa semakin luas dan masyarakat bisa lebih mudah mengakses ikan di tengah pandemi Covid-19," ucap Machmud.

Seperti diketahui, toko tani merupakan salah satu usaha pemerintah, melalui Kementerian Pertanian untuk memotong rantai pasok pangan. TTIC sendiri menjual berbagai barang kebutuhan pokok lainnya seperti beras, gula, minyak goreng, dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement