Thursday, 9 Syawwal 1445 / 18 April 2024

Thursday, 9 Syawwal 1445 / 18 April 2024

HNW Minta Menag Terapkan Belajar Siswa Madrasah Via TVRI

Selasa 14 Apr 2020 13:02 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

HNW berharap Menag tiru kebijakan Mendikbud belajar via TVRI bagi siswa madrasah

HNW berharap Menag tiru kebijakan Mendikbud belajar via TVRI bagi siswa madrasah

Foto: MPR
HNW berharap Menag tiru kebijakan Mendikbud belajar via TVRI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr H M Hidayat Nur Wahid mengapresiasi program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang menggunakan media Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk belajar dari rumah siswa sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA), serta meminta agar Menteri Agama (Menag) melakukan hal yang serupa untuk siswa madrasah.

Hidayat yang akrab disapa HNW memuji langkah Mendikbud yang sesuai dengan usulan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). “Terobosan bagus dari Mendikbud yang mulai dilaksanakan pada 13 April 2020 itu sesuai dengan usulan dari Dr Dimyati Natakusumah, Wakil Ketua BURT DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, yang sudah disampaikan sejak 25 Maret 2020 lalu,” ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, Selasa (14/4). 

Lebih lanjut, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS ini meminta agar kebijakan Mendikbud itu juga perlu ditingkatkan untuk Siswa Menengah Kejuruan (SMK), sebagaimana diusulkan oleh Wakil Ketua Komisi X DPRRI, dari FPKS yaitu Dr Fikri Faqih. Kemudian untuk memaksimalkan belajar di/dari rumah perlu ditekankan agar acara TV baik sebelum acara belajar siswa, di tengah-tengah, atau sesudah  kegiatan belajar mengajar via TVRI itu agar disterilkan dari program-program lainnya yang tidak sesuai dengan tujuan belajar dari rumah dan menghindarkan dari covid-19.

“Bagusnya diisi dengan lagu-lagu kebangsaan atau hiburan yang mendidik, meningkatkan wawasan, atau siaran-siaran yang meningkatkan cinta dan bangga dengan bangsa dan negara,” ujarnya. 

HNW menegaskan Menag juga perlu meniru kebijakan Mendikbud yang sangat baik tersebut untuk para siswa madrasah, baik siswa madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah maupun Aliyah.

”Saya sudah usulkan ini saat Rapat Kerja dengan Menteri Agama pada 25 Maret lalu. Harapannya dengan kebijakan pemerintah agar kegiatan belajar siswa selama berada di rumah dapat diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, sehingga tidak ada materi pelajaran yang tertinggal, bahkan bisa memaksimalkan waktu dengan segala yang meningkatkan kwalitas peserta didik,” ujar Anggota Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan keagamaan ini. 

Ia pun berharap Menag merealisasikan usulan saat Raker dengan Komisi VIII DPR RI itu, yaitu membuat program pendidikan siswa-siswa madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah maupun aliyah saat mereka belajar di rumah akibat pandemi, via TVRI.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler