Selasa 14 Apr 2020 07:41 WIB

Cara Mudah Tingkatkan Imun Tubuh Cegah Infeksi Covid-19

Berolahraga, konsumsi makanan segar dan tidur bisa tingkatkan imun tubuh

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Instruktur zumba memimpin latihan secara daring di sebuah tempat kebugaran di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/4). Berolahraga, konsumsi makanan segar dan tidur bisa tingkatkan imun tubuh
Foto: Antara/Zabur Karuru
Instruktur zumba memimpin latihan secara daring di sebuah tempat kebugaran di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/4). Berolahraga, konsumsi makanan segar dan tidur bisa tingkatkan imun tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh perlu memiliki sistem imun yang baik agar tidak mudah terserang penyakit, termasuk agar terhindar dari infeksi Virus Corona (COVID-19). Di tengah merebaknya wabah COVID-19 ini, informasi keliru berseliweran tentang obat tertentu yang dipandang dapat melindungi tubuh dari serangan Virus Corona.

Beragam merek banyak yang menjajakan suplemen gizi dan produk yang mereka klaim dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan mudah untuk menangkal Virus Corona. Namun, faktanya tidak ada pil atau pun makanan tertentu yang mendukung sistem imun untuk melawan Virus Corona secara langsung.

Seorang ahli imunologi di Universitas Manchester, Inggris, Sheena Cruickshank, menekankan bahwa suplemen atau produk tertentu tidak benar-benar meningkatkan sistem kekebalan yang sehat. Ketika orang mengalami bentuk COVID-19 yang parah, banyak pakar yang percaya itu terjadi karena sistem imun mereka yang mengarah ke 'overdrive' (sistem imun bekerja dengan keras) dan membanjiri tubuh mereka.

"Kita hanya perlu mur dan baut dari mesin kekebalan tubuh kita untuk bekerja secara normal. Orang-orang harus berusaha untuk memiliki garis dasar yang sehat. Jika mereka terinfeksi, mereka akan berada dalam situasi terbaik untuk melawan infeksi ini dan tetap sehat," kata Lisa Gralinksi, seorang ahli virus yang mempelajari virus Corona di University of North Carolina di Chapel Hill, dilansir di Outside Online, Sabtu (28/3).

Nah, berikut cara yang sesuai dan didukung sains untuk mendukung sistem imun dalam rangka menangkal ancaman Virus Corona:

1. Berolahraga

Olahraga sangat penting untuk mendukung sistem imun tubuh kita. Studi menunjukkan, bahwa orang yang berolahraga secara teratur lebih kecil kemungkinannya terkena flu dan flu musiman. Hal demikian diungkapkan oleh ahli fisiologi olahraga di Human Performance Laboratory di Appalachian State University, David Nieman. Olahraga itu dapat dilakukan di antaranya dengan berjalan kaki selama 20 menit, bersepeda, atau berolahraga lain lima kali atau lebih dalam sepekan.

 

2. Makanlah makanan tanpa proses (whole food)

Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat diperoleh dengan mengonsumsi bahan makanan yang segar, alami dan masih dalam bentuk aslinya (tidak banyak diproses). Karena itu, disarankan untuk memakan makanan yang sehat dan seimbang dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah segar.

Cruickshank menekankan pada keseimbangan. Melakukan diet beragam dapat menghasilkan vitamin dan mineral, yang membuat sel-sel kekebalan berfungsi secara normal. Selain itu, diet beragam juga baik untuk bakteri yang hidup di usus, yang memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. 

Seorang ahli imunologi di Queen Mary University di London, Inggris, Adrian Martineau mengatakan memang ada sedikit bukti konklusif bahwa suplemen gizi seperti vitamin, zat besi, atau seng secara substansial dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sebuah analisis baru-baru ini terhadap 25 studi klinis tentang Vitamin D, yang mencakup lebih dari 10.000 pasien, memang menunjukkan bahwa vitamin tersebut memiliki efek sederhana dalam melindungi terhadap pilek.

3. Biarkan otak istirahat sejenak

Tidur yang cukup juga bisa membantu dalam mendukung sistem imun tubuh kita. Dalam penelitian yang dilakukan oleh profesor di Universitas Carnegie Mellon, Sheldon Cohen dan lainnya, ditunjukkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari tujuh jam di malam hari lebih mungkin terserang flu. Temuan ini juga digemakan oleh beberapa penelitian lain.

4. Kelola Stres

Tidak hanya pola tidur yang cukup, mengelola stres juga penting. Studi lain dari Cohen menunjukkan bahwa mereka yang melaporkan lebih banyak stres dalam hidup mereka lebih mungkin mengalami gejala flu.

Salah satu alasannya, karena hormon stres kortisol dapat menekan bagian-bagian tertentu dari sistem kekebalan tubuh. Karena itu, Cruickshank merekomendasikan praktik sederhana, seperti menghabiskan waktu di alam dan menghargai hal-hal yang kecil.

Para profesional kesehatan menyarankan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dengan cara melakukan olahraga ringan, makan makanan seimbang, dan menghindari stres.

Namun, perlu dicatat, hal itu saja tidak cukup. Untuk menghindari infeksi Virus Corona, kita tetap harus memperhatikan pola kebersihan yang baik, di antaranya dengan rajin mencuci tangan, tinggal di rumah, dan mengikuti imbauan dari pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement