Senin 13 Apr 2020 22:27 WIB

Wishnutama Kenang Glenn dan Impiannya Soal Ambon Kota Musik

Ambon telah ditetapkan Unesco sebagai kota musik dunia.

Penyanyi Glenn Fredly
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Penyanyi Glenn Fredly

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengenang sosok musisi Glenn Fredly. Menurut Wishnutama, Glenn merupakan sosok yang inspiratif dan juga punya keinginan kuat mewujudkan Ambon sebagai Kota Musik.

Wishnutama sempat berdiskusi dengan Glenn setelah Kota Ambon, Maluku, yang ditetapkan sebagai Kota Musik oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan dunia (UNESCO). “Setelah Ambon ditetapkan menjadi kota musik oleh UNESCO, saya langsung kontak Glenn," kata Wishnutama saat diskusi virtual bertema 'Jejak Musikalitas Glenn Fredly Untuk Negeri' bersama sejumlah tokoh industri kreatif dan pelaku seni, Senin (13/4).

Baca Juga

Mereka berencana tahun ini ingin membuat festival musik di Ambon. Wishnutama juga sempat mengenang dan mengaku kehilangan musisi yang memiliki nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo itu.

Kehilangan sosok Glenn bagi Wishnutama merupakan duka tidak hanya bagi industri musik Indonesia, namun menjadi duka bagi masyarakat seluruh tanah air. Terlebih, Wishnutama yang besar di industri kreatif telah mengenal Glenn sejak saat masih bergabung dengan grup musik Funk Section.

Namun, Wishnutama juga menjelaskan, di tengah situasi wabah pandemi COVID-19 ini, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sektor yang paling terdampak. Festival Musik di Ambon yang direncanakan bakal dihelat tahun ini pun harus tertunda.

“Kalau kita bicara festival itu sangat berkaitan dengan pariwisata begitu juga sebaliknya. Kami berharap semangat almarhum Glenn harus terus kita wujudkan. Meskipun festival musik Ambon mesti tertunda. Saya harap Walikota Ambon bisa menjaga semangat Glenn untuk membuat festival musik ini tetap terlaksana di kemudian hari,” kata Wishnutama.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement