Senin 13 Apr 2020 21:36 WIB

WFH, Kualitas Udara di Depok Membaik

Aktivitas warga yang berkurang memengaruhi Indeks Standar Pencemar Udara di Depok.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Suasana Alun-alun Kota Depok, Jawa Barat (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suasana Alun-alun Kota Depok, Jawa Barat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Work From Home (WFH) saat pandemi Covid-19 berdampak positif bagi kualitas udara di Kota Depok. Kemungkinan kualitas udara di Kota Depok semakin baik saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) pada 15 April 2020.

Kabid P3L Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Bambang Supoyo mengatakan, semenjak terdapat pandemi virus Corona (Covid-19) di Kota Depok, aktivitas warga semakin berkurang. Menurutnya, dengan aktivitas warga yang berkurang dapat memengaruhi Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Depok.

Baca Juga

Berdasarkan data yang diterima, ISPU di Kota Depok berada di bawah angka 50. Ini berarti kualitas udara di Kota Depok masih baik. "Kualitas udara di Kota Depok bisa semakin baik jika masyarakat bisa semakin sadar akan pentingnya social distancing di tengah pandemi Covid-19 di Kota Depok," ujar Bambang di Balai Kota Depok, Senin (13/4).

Menurut Bambang, saat pandemi Covid-19, Jalan Margonda lebih lengang dari biasanya. Hanya ada beberapa kendaraan yang melintas, bahkan pengendara diwajibkan menggunakan masker saat melintas di jalan utama di Kota Depok ini. "Volume kendaraan yang berkurang menjadi faktor utama kualitas udara di Kota Depok menjadi lebih baik," tegasnya.

Warga Cimanggis, Wahyu Saputra mengatakan, Jalan Margonda saat ini tidak macet seperti biasanya, cukup lengang. "Udara cukup bersih dan langit pun terlihat biru," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement