Senin 13 Apr 2020 19:59 WIB

Balai Besar Pengembangan K3 Makassar Gelar Pelatihan Online

Kelas online ini bisa menjadi reminder untuk tetap menjaga protokol saat bekerja

Menghadapi pandemi Covid-19, Kementerian Ketenakaerjaan melalui Balai Besar Pengembangan K3 Makassar mengadakan pelatihan kelas online K3 Corona sebagai media informasi, edukasi dan konsultasi K3 Corona bagi tenaga kerja.
Foto: istimewa
Menghadapi pandemi Covid-19, Kementerian Ketenakaerjaan melalui Balai Besar Pengembangan K3 Makassar mengadakan pelatihan kelas online K3 Corona sebagai media informasi, edukasi dan konsultasi K3 Corona bagi tenaga kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR--Menghadapi pandemi Covid-19, Kementerian Ketenakaerjaan melalui Balai Besar Pengembangan K3 Makassar mengadakan pelatihan kelas online K3 Corona sebagai media informasi, edukasi dan konsultasi K3 Corona bagi tenaga kerja.

Kelas online K3 Corona bertema "Bersama Melawan Covid-19", dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting ini dilaksanakan mulai Senin 13/4) hingga Jum'at (17/4) nanti.

"Di kelas online ini akan  dibahas berbagai tema berkaitan dengan Covid-19 dari sudut pandang K3 yang dibutuhkan oleh tenaga kerja, "  ujar Kepala Balai Besar Pengembangan K3 Makassar (Sulawesi Selatan), Aminah melalui keterangan tertulisnya, Senin (13/4).

Aminah menyadari dalam kondisi penyebaran Covid-19 yang begitu cepat, masih banyak tenaga kerja yang belum bisa bekerja dari rumah (work from home). Ada pekerjaan yang harus dikerjakan dengan kehadiran.

"Para tenaga kerja ini tidak memiliki pilihan, masih harus keluar rumah dan bertemu dengan orang banyak dan tentu saja mereka menjadi rentan terpapar, "kata Aminah.

Atas kondisi tersebut, Aminah menegaskan pihaknya tergerak menghadirkan kelas online K3 Corona bagi tenaga kerja. Di kelas online ini akan dibahas berbagai tema berkaitan dengan Covid-19 dari sudut pandang K3 yang dibutuhkan tenaga kerja.

Aminah berharap kelas online ini bisa menjadi reminder untuk tetap menjaga protokol saat berangkat kerja dan tiba dari bepergian. Yakni dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja selama di tempat kerja. Serta tenaga kerja yang WFH, tetap menjaga produktivitas dan kesehatan mental di masa physical disantancing ini.

"Sebagai makhluk sosial, ketika kita tatap muka dengan rekan-rekan meski secara online, dari aspek psikologis, juga mampu  meningkatkan semangat kerja, memberi rasa nyaman dan meminimalisir rasa khawatir karena pandemi, "  ujar Aminah.

Ditambahkan Aminah, kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini akan menyajikan tema yang berbeda setiap harinya. Mulai dari cara mencegah penularan covid-19 ditempat kerja; nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk tingkatkan imunitas dan penggunaan APD yang tepat selama musim pandemi.

"Bukan hanya itu, bahaya cairan  disinfektan yang sering digunakan untuk melawan covid-19 juga akan dibahas pada kelas online ini., "  katanya.

Aminah mengatakan bagi pekerja yang telah bekerja dari rumah akan diberikan tips agar tetap produktif  dan  cara untuk meminimalisir stres selama  physical distancing diberlakukan. Bagi  yang berminat menjadi peserta, dapat melakukan pendaftaran melalui link https://bit.ly/KelasK3Corona.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement