Senin 13 Apr 2020 16:42 WIB

Mahasiswa UGM Juara Kompetisi Infografis Nasional

Mereka mengusung karya infografi berjudul Yang Muda, Yang Berinvestasi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UGM.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UGM.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menjadi pemenang dalam Semar Infographics Competition 2020 yang berlangsung 5-7 Maret 2020 di UNS. Mereka mengusung karya infografi berjudul Yang Muda, Yang Berinvestasi.

Tim Otter diisi Amannia Rachmadiva (Teknologi Informasi) dan Adityadika (Teknik Elektro). Adit menjelaskan, Indonesia mencetak rekor baru investor pasar modal pada 2019 sebesar 2,48 juta Single Investor Identification (SID).

Meliputi investor saham, reksa dana, dan surat utang. Jumlah tersebut 10 kali lipat lebih besar dari target yang ditetapkan Bursa Efek Indonesia (BEI) sebesar 250 ribu SID. Salah satu pemicunya pemangkasan alur pendaftaran SID.

"Menariknya, investor milennial dengan usia 21-30 tahun mendominasi pasar modal mencapai 44,62 persen dari total keseluruhan investor," kata Adit.

Ia menilai, itu sejalan pertumbuhan positif jumlah investor milenial yang pesat dibanding generasi lain. Walau nilai aset masih lebih kecil dibanding generasi lain, ini menjadi pertanda masa depan cerah investasi pasar modal.

"Sebagai generasi muda atau milenial, kita juga bisa ikut membantu membangun perekonomian dan memajukan negara dengan berinvestasi," ujar Adit.

Diterangkan, berinvestasi untuk pribadi memiliki beragam manfaat. Antara lain aset pribadi meningkat, menjamin stabilitas finansial, menyiapkan masa depan, dan terhindar dari inflasi.

Selain itu, keberadaan investor-investor lokal bagi negara akan mengurangi pengangguran. Dalam jangka panjang, mereka mampu memajukan negara dan meningkatkan pendapatan per kapita serta produk domestik bruto (PDB).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement